9 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan dan Cara Mudah Membuatnya di Rumah

Siti Nur Aeni
17 September 2021, 08:57
9 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan dan Cara Mudah Membuatnya di Rumah
pixabay.com
Tempe salah satu sumber protein nabati yang mudah dijumpai

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempe. Olahan kedelai yang satu ini memang sudah populer sejak beberapa tahun lalu. Menurut penjelasan dalam “Tempe: Persembahan Indonesia untuk Dunia” yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (2012), di Indonesia pada waktu itu ada sekitar 81 ribu usaha tempe yang bisa memproduksi sekitar 2,4 juta ton tempe per tahun.

Tempe merupakan makanan merayakyat yang kaya nutrisi. Manfaat tempe juga sangat beragam. Apa saja manfaat dari tempe? Simak penjelasan berikut ini.

Kandungan Tempe

Sebelum mengulik tentang manfaat tempe, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Berdasarkan menjelasan dari “Tempe: Persembahan Indonesia untuk Dunia” yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (2012), nilai gizi yang ada didalam tempe yaitu:

1. Asam lemak

Tempe yang dibuat dengan cara fermentasi menghasilkan asam lemak tak jenuh majemuk. Asam lemak ini bisa menurunkan kolesterol serum dan menetralkan dampak negatif dari sterol di dalam tubuh.

2. Vitamin

Setidaknya diketahui ada dua kelompok vitamin dalam tubuh. Pertama, vitamin larut air berupa vitamin B kompleks. Kedua, kelompok vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain kedua kelompok tersebut, jenis vitamin lainnya yang ada di dalam tempe yaitu vitamin B1, B2, B6, B12, asam pantotenat, dan asam nikotinat.

3. Mineral

Tempe mengandung mineral makro dan mikro yang cukup banyak. Beberapa mineral yang dimiliki tempe antara lain; besi, tembaga, fosfor, insoitol, kalsium, dan magnesium.

4. Antioksidan

Kandungan tempe selanjutnya yaitu antioksidan dalam bentuk isoflavon yang terdiri dari daidzein, glisitein, dan genistein.

Sementara itu menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, komosisi nilai gizi dalam 100 gram tempe yaitu; air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, thiamin, riboflavin, dan niasin.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Melihat banyaknya nutrisi dan vitamin di dalam tempe, maka tak heran jika makanan ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Mengutip dari hellosehat.com dan halodoc.com, beberapa manfaat tempe bagi kesehatan sebagai berikut;

1. Memperbaiki sel yang rusak

Tempe merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Fungsi protein ini yaitu untuk membangun serta memperbiki jaringan dan sel tubuh. Protein tersebut termasuk dalam kelompok protein larut air dan bisa mengaktifkan enzim proteolitik.

Enzim tersebut yang berperan dalam memecahkan rantai protein sehingga bisa lebih mudah dicerna tubuh. Selain itu, enzim proteolitik juga berperan dalam membantu pembelahan sel, pembekuan darah, meningkatkan imun, dan fungsi penting lainnya.

2. Mencegah oseteoporosis

Osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang tentu menjadi masalah tersendiri. Sebab jika dibiarkan begitu saja, tulang bisa menjadi keropos. Tempe memiliki kandungan kalium dan fosfor yang penting untuk mencegah masalah kesehatan tersebut.

3. Mencegah kekurangan darah

Manfaat tempe selanjutnya juga bisa menjadi pencegah anemia. Tempe bisa menjadi pilihan makanan penambah darah karena memiliki vitamin B12. Kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Menurunkan berat badan

Tempe juga bisa menjadi menu diet yang sehat dan mengenyangkan. Kandungan protein yang tinggi membuat tempe bisa menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa diet tinggi protein bisa memicu thermogenesis yang akan membantu tubuh membakar kalori.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...