Pengamat Nilai Risma Pantas Jadi Menteri atau Gubernur DKI Jakarta

Image title
22 Agustus 2019, 21:24
Tri Rismaharini, Gubernur DKI Jakarta, kabinet Jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya dalam acara Knowledge sector Intiative Katadata forum di The Energy Building, Jakarta Pusat (31/7). RIsma dinilai pantas menjadi menteri di kabinet Jokowi atau Gubernur DKI Jakarta.

Pengamat Politik dari Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai Walikota Surabaya Tri Rismaharini pantas menduduki kursi menteri atau Gubernur DKI Jakarta. Risma dianggap memiliki citra dan prospek yang sangat baik untuk menduduki  jabatan tersebut.

Masuknya Risma dalam radar bursa calon Gubernur DKI Jakarta dan posisi menteri juga bakal menjadi modal bagus bagi PDIP untuk meningkatkan citra partai berlambang banteng tersebut. Apalagi Risma telah masuk dalam kepengurusan partai dengan jabatan Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan. 

"Saya melihat ada prospek yang sangat baik pada sosok bu Risma. Mengingat tingkat kepercayaan orang pada kinerjanya bagus dan menurut saya enggak neko-neko banget orangnya," kata Gun Gun ketika dihubungi katadata.co.id, Jakarta, Kamis, (22/8).

Di sisi lain, PDIP belum mempunyai kader dengan karir politik yang serupa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karir politik Jokowi memang dimulai dari Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menduduki kursi Presiden Republik Indonesia. 

"Jadi menurut saya bisa menjadi modal sosial berbentuk trust dan bermodal politik dengan posisinya di DPP, itu aset bagi PDIP," katanya.

(Baca: Ditawari Jadi Cagub DKI, Ini Jawaban Risma)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...