Pemerintah Mulai Bangun Pusat Data Nasional di Bekasi Pada April

Lenny Septiani
4 Januari 2023, 20:58
Pusat Data Nasional. foto: Antara.
Antara
Pusat Data Nasional. foto: Antara.

Pemerintah akan membangun Pusat Data Nasional (PDN) di Bekasi mulai April 2023. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menargetkan infrastruktur tersebut selesai pada 20 Oktober 2024.

PDN pertama itu dibangun di atas lahan seluas 14.022 meter persegi. Pusat data ini menjadi pilot project pertama untuk Green Building GBCI level Platinum yang disertifikasi secara internasional. mSelain itu, PDN juga akan memiliki Sertifikasi Bangunan Gedung Hijau level Utama dan TIA 942 Rated 4.

Saat melakukan inspeksi mendadak ke lokasi, Johnny meminta penerapan dipercepat. "Jangan sampai rencana besar, tapi realisasi rendah," katanya di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas Cikarang Bekasi, Rabu (4/1).

Johnny juga menginstruksikan seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Kominfo untuk memperhatikan seluruh perkembangan pembangunan. "Nanti, rutin kita lakukan progress review meeting," ujarnya.

Sebagai salah satu proyek strategis nasional yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, Johnny meminta pembangunan dilakukan sesuai rencana dan standar internasional.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...