Jokowi Salurkan Cadangan Beras Pemerintah, Bantu 21,3 Juta Keluarga

Nadya Zahira
10 April 2023, 20:19
Jokowi
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/hp.
Petani memanen padi di areal persawahan Desa Gumalar, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (8/4/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan kegiatan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) melalui bantuan pangan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) tahun ini. Acara tersebut berlangsung di Gudang Bulog Ngabeyan Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (10/4).

Jokowi mengatakan, bantuan pangan beras dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat, lantaran harga beras terus melonjak sejak tahun 2022. Bantuan pangan diberikan untuk mengendalikan inflasi.

"Hari ini kami luncurkan bantuan pangan untuk masyarakat, akan disalurkan ke Kabupaten/kota di Solo Raya. Secara nasional semuanya yang diberi bantuan pangan sebanyak 21,3 juta KPM (keluarga penerima manfaat)," ujar Jokowi melalui keterangan resmi, Senin (10/4).

Berdasarkan besarannya, bantuan beras itu berupa kemasan isi 10 kilogram (kg) yang disalurkan ke 21,353 juta KPM sesuai data dari Kementerian Sosial. Adapun, kebutuhan total beras diperkirakan mencapai 640 ribu ton untuk tiga kali penyaluran hingga Mei 2023. Untuk wilayah Jawa, target penyaluran mencapai 12,7 juta KPM. 

Sementara itu, khusus wilayah Jawa Tengah sendiri, penyaluran bantuan beras menyasar 2,35 juta KPM dengan kebutuhan beras diperkirakan sebanyak 70 ribu ton. Sedangkan untuk wilayah Solo Raya mencapai 565.420 KPM. 

Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, bantuan beras ini merupakan salah satu program bantalan sosial yang digulirkan pemerintah sesuai arahan Presiden. Pelaksanaan penyaluran bantuan pangan ini sudah dimulai pada akhir Maret 2023 lalu dan terus berlangsung hingga saat ini.

"Secara bertahap proses penyaluran bantuan beras ini sudah dimulai sejak 31 Maret 2023, dan Alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar dan akan terus digulirkan selama tiga bulan hingga Mei 2023." ujar Arief. 

Arief menuturkan, pihaknya akan terus memantau bantuan pangan beras tersebut seperti pendistribusiannya yang dipastikan dapat tepat sasaran yakni, disalurkan kepada masyarakat sesuai target secara langsung sesuai dengan nama dan alamatnya, atau by name by address.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...