Baru Diresmikan, LRT Jabodebek Hanya Beroperasi Hingga 20.00 WIB

Andi M. Arief
28 Agustus 2023, 13:40
Tarif dan Rute LRT Jabodetabek
Antara News
Tarif dan Rute LRT Jabodetabek

Kereta api ringan atau LRT Jabodebek mulai beroperasi hari ini. Meski demikian, transportasi umum terbaru itu hanya berjalan pada 05.00 WIB hingga 20.00 WIB tiap harinya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal mengatakan total LRT yang dioperasikan pada dua minggu pertama hanya 12 rangkaian. Jumlahnya akan terus ditingkatkan setiap dua minggu hingga akhirnya ditambahkan 27 rangkaian LRT.

"Nantinya, lebih kurang sehari ada 467 perjalanan kereta api ringan Jakarta-Bekasi dan Jakarta-Cibubur," kata Risal di Stasiun LRT Dukuh Atas, Senin (28/8).

Risal mengatakan total perjalanan LRT Jabodebek dari ujung ke ujung stasiun adalah 30 menit. Secara rinci, waktu tempuh Stasiun Jatimulya-Stasiun Cawang dan Stasiun Harjamukti-Stasiun Cawang adalah 20 menit. Sementara itu lama perjalanan Stasiun Cawang ke Stasiun Dukuh Atas adalah 10 menit.

Risal menyatakan peengoperasian LRT Jabodebek yang dimulai hari ini telah melalui berbagai sertifikasi laik jalan hingga operasional oleh Kementerian Perhubungan.

Di samping itu, Risal mengatakan pemerintah akan mensubsidi tarif kereta api ringan atau LRT Jabodebek hingga 12 bulan ke depan. Pagu yang disiapkan untuk mensubsidi tarif LRT Jabodebek adalah Rp 66 miliar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...