KPK Temukan 12 Senjata Api Saat Geledah Rumah Syahrul Yasin Limpo

Nur Hana Putri Nabila
29 September 2023, 18:26
KPK
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Petugas kepolisian berjaga saat penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di perumahan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan tim penyidik menemukan 12 senjata api saat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra V, Jakarta Selatan. Penggeledahan itu berlangsung sejak Kamis (28/9) sore hingga Jumat (29/9) pagi.

Menurut Ali, KPK telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menganalisis barang bukti yang ditemukan. Hal itu merupakan bagian dari sinergi antar lembaga dalam penegakan hukum. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian soal senpi itu," kata Ali dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (29/9).

Selain senjata api, Ali menjelaskan dalam penggeledahan itu penyidik KPK menyita sejumlah alat bukti di antaranya uang dengan mata uang rupiah dan mata uang asing serta surat berharga. Selain itu juga ada dokumen seperti catatan keuangan dari pembelian aset bernilai. Meski begitu Ali mengatakan belum bisa menyampaikan berapa jumlah uang yang disita.  

“Sekira sejauh ini puluhan miliar yang ditemukan dalam penggeledahan yang dimaksud,” ujar Ali. 

Menurut Ali, sejauh ini penyidik KPK telah mengumpulkan sejumlah alat bukti untuk terus mengusut kasus dugaan korupsi yang terjadi di Kementan. Ia menyebutkan kasus yang menyeret nama Mentan Syahrul Yasin ini berkaitan dengan dugaan korupsi dengan maksud menguntungkan diri sendiri secara melawan hukum. 

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...