Jokowi Obral Tanah IKN ke Investor, Harga di Bawah Rp 1 juta per M2

Muhamad Fajar Riyandanu
2 November 2023, 19:22
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdiri dengan latar belakang pembangunan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdiri dengan latar belakang pembangunan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pelaku usaha untuk gencar berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Salah satu strategi Jokowi untuk menggaet minat investor yakni dengan menawarkan harga tanah murah. Dia mengatakan harga tanah di IKN saat ini masih berada di bawah Rp 1 juta per meter persegi (M2).

"Saya mengajak bapak-ibu semua mumpung harga tanahnya masih murah," kata Jokowi saat memberikan sambutan di Kompas 100 CEO Forum, yang disiarkan oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Kamis (2/11).

Di hadapan para pengusaha, Jokowi membandingkan harga tanah di IKN dengan nilai tanah di kota metropolitan seperti Kawasan Niaga Terpadu Sudirman atau Sudirman Central Business District (SCBD) dan kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Parameter harga tanah di SCBD Rp 200 juta, di Menteng mungkin Rp 100 sampai Rp 150 juta, di Balikpapan sudah Rp 15 juta. Tapi di sini, IKN masih di bawah Rp 1 juta," ujar Jokowi.

Dia mewanti-wanti para calon investor untuk segera mengkapling tanah di IKN. Alasannya, harga tanah di IKN akan meroket seiring berjalannya waktu. Jokowi mengatakan, reli kenaikan harga tanah di IKN kian cepat seiring dengan kegiatan pembangunan infrastruktur yang bertambah masif.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...