DPR Kritik Sederet Masalah Kereta Cepat Whoosh, padahal Biaya Bengkak

Agustiyanti
7 November 2023, 15:50
kereta cepat, kereta cepat jakarta-bandung, kereta cepat whoosh
ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma S/Ak/Spt.
Ilustrasi.

Dewan Perwakilan Rakyat mengkritik performa Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh yang telah beroperasi secara komersial selama satu bulan. Kereta Cepat Whoosh sempat mengalami sejumlah insiden. 

Anggota Komisi V DPR Mulyadi mengkritik waktu yang harus tempuh dari Jakarta ke Bandung menggunakan kereta cepat. Menurut dia, kereta cepat Whoosh untuk Jakarta-Bandung memang hanya mencapai 46 menit. Namun, akses menuju Stasiun Whoosh membuat perjalanan Jakarta-Bandung menjadi lama, khususnya karena harus menggunakan kereta feeder.

"Akibat akses menuju kereta cepat yang anomali dan tidak bisa diperkirakan waktu keberangkatannya, saya pernah tertinggal," kata Mulyadi dalam rapat kerja bersama Menteri Perhubungan, Selasa (7/11).

Bukan hanya masalah waktu tempuh, kritik juga muncul terkait konstruksi stasiun. Wakil Ketua Komisi V Roberth Rouw mengungkit masalah atap bocor yang sempat terjadi di Stasiun Whoosh Halim. Ia menyoroti konstruksi stasiun yang tidak sejalan dengan pembengkakan anggaran proyek kereta cepat.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sebelumnya telah mengkonfirmasi kejadian atap bocor di Stasiun Whoosh Halim. KCIC telah berkoordinasi dengan kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat Halim untuk melakukan perbaikan di stasiun tersebut.

"Ini belum masuk ke musim hujan, tapi plafonnya jebol dan air turun dari atapnya seperti air bah. Pembengkakan anggarannya begitu besar tapi kualitas pembangunan seperti itu," ujar Roberth.

Ia pun mengajukan ada pengawasan spesial terhadap pengoperasian Whoosh dalam waktu dekat. Roberth pun menyebutkan pertimbangan usulan tersebut, yakni karena Komisi V merupakan pihak yang menyetujui penambahan anggaran negara saat biaya konstruksi proyek tersebut membengkak.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...