Syahrul Limpo Sakit, KPK Beri Izin Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Ade Rosman
8 November 2023, 16:19
KPK
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo memasuki mobil tahanan usai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi memberi izin kepada Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto. Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengatakan Syahrul Yasin dirawat di RSPAD atas rujukan dari dokter di Rutan KPK. 

"Kemarin (7/11) siang berobat ke RS dan malamnya dibantarkan," kata Ali, Rabu (8/11). 

Hal yang sama juga disampaikan oleh kuasa hukum Syahrul, Febri Diansyah. Ia mengatakan surat pembantaran politikus Partai Nasional Demokrat itu sudah ditandatangani oleh Deputi Penindakan. 

“Berdasarkan surat dari RS dan sebelumnya ada rujukan dari dokter KPK," kata Febri dalam keterangan tertulis. 

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Syahrul Yasin Limpo dalam perkara dugaan pemerasan di lingkungan kementerian pertanian sejak Jumat (13/10). Perkara dugaan korupsi tersebut bermula saat Syahrul menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2019 sampai 2024. 

Dengan jabatannya tersebut, Syahrul yang merupakan politikus Partai Nasional Demokrat membuat kebijakan personal yang di antaranya melakukan pungutan hingga menerima setoran dari ASN internal Kementan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, termasuk keluarga intinya. Kebijakan yang dibuat Syahrul berlangsung dari tahun 2020 sampai 2023. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...