Nomor Urut Pilpres: Anies-Imin 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Ade Rosman
14 November 2023, 20:57
Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 menunjukkan nomor urut mereka kepada awak media di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/11/2023).
Antara/Fath Putra Mulya
Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 menunjukkan nomor urut mereka kepada awak media di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Komisi Pemilihan Umum mengundi nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Berdasarkan pengundian tersebut, pasangan capres - cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, kemudian pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Nomor urut tersebut didapatkan melalui rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan yang dilakukan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (14/11) malam.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari memimpin langsung rapat pleno dan pengundian serta penempatan nomor urut tersebut.
"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim maka rapat pleno terbuka dengan agenda pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden wakil presiden untuk pemilu 2024, hari ini selasa 14 November 2023 dinyatakan dibuka," kata Hasyim.

Mulanya, para cawapres dipersilahkan mengambil nomor antrean untuk menentukan urutan pengambilan nomor undian. Pengambilan menyesuaikan dengan urutan pendaftaran, Muhaimin mengambil pertama, diikuti Mahfud, dan Gibran, dengan besaran nomor 1-14.

Pasangan yang mendapatkan nomor terkecil akan mengambil urutan pertama untuk mengambil nomor urut. Hasilnya, kesempatan pertama untuk mengambil tabung nomor urut yakni pasangan Anies-Muhaimin yang mendapat nomor antrean 8, kemudian Ganjar-Mahfud yang mendapat angka 10, kemudian Prabowo-Gibran yang mendapat nomor antrean 14.

Setelah itu, giliran masing-masing capres yang mengambil nomor urut untuk Pilpres 2024 berdasarkan urutan di atas. Hasilnya,  pasangan capres - cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, kemudian pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Selain dihadiri langsung oleh para kandidat capres dan cawapres, pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh para Ketua Umum partai politik pengusung para kandidat tersebut.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...