Yusril Pimpin Advokat Bela Prabowo Hadapi Sengketa Pilpres di MK

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Maret 2024, 00:10
Yusril
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (kanan) didampingi sejumlah pimpinan kedua partai politik berjalan usai melakukan pertemuan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (6/4/2023).
Button AI Summarize

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran menyiapkan 35 pengacara untuk mempersiapkan gugatan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra mengatakan saat ini TKN masih menunggu langkah gugatan dari kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di MK.

"Kalau mereka tidak mengajukan, ya kami diam saja. berarti hasilnya sudah final kan," kata Yusril di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Rabu (20/3). 

Kendati terkesan menjadi pihak yang pasif, menurut Yusril TKN telah menyiapkan segala kebutuhan untuk menunjang kinerja puluhan advokat saat sidang gugatan sengketa pilpres nantinya. Yusril mengatakan, TKN sudah mengatur beragam fasilitas seperti lokasi penginapan tim advokat hingga akomodasi antar jemput dari lokasi penginapan ke tempat persidangan. 

Pasal 475 ayat 1 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu mengatur dalam hal terjadi perselisihan penetapan perolehan suara hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pasangan Calon dapat mengajukan keberatan kepada Mahkamah Konstitusi dalam waktu paling lama 3 hari setelah penetapan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU. 

"Kami sudah siapkan segalanya. Jadi kami tidak menunggu tiga hari setelah diumumkan," ujar Yusril. 

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini menyebut ada 9 pengacara yang berasal dari partai politik pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat masing-masing mengirimkan 3 pengacara ke dalam tim advokat tersebut. 

"Insyaallah saya yang pimpin tim itu," kata Yusril.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...