Langkah Pertamina Prioritaskan Subholding Hulu IPO Dinilai Tepat

Image title
16 Juni 2020, 19:13
Langkah Pertamina Prioritaskan Subholding Hulu IPO Dinilai Tepat
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, dedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat.

PT Pertamina (Persero) mendorong subholding hulu untuk melantai di bursa saham atau IPO. Ini merupakan salah satu prioritas perusahaan. Pendiri ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto menilai, langkah ini tepat.

Sebab, IPO membantu perusahaan mendapatkan pendanaan. Tambahan modal ini bisa digunakan untuk mengembangkan potensi bisnis di sektor hulu.

Lagi pula, IPO dalam dunia usaha merupakan hal lumrah. "Sepanjang saham mayoritas masih di negara, lebih banyak positifnya," kata Pri Agung kepada Katadata.co.id, Selasa (16/6).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya seperti PT Telkom, PT Antam, PTBA, dan PT Perusahaan Negara (PGN) juga sudah IPO. "Banyak kok BUMN migas luar negeri yang melantai dibursa saham, seperti Petrobras, Petronas, YPF SA, Statoil, dan Saudi Aramco," kata dia.

(Baca: Bos Pertamina akan Prioritaskan Subholding Hulu IPO Lebih Dulu)

IPO subholding hulu Pertamina dinilai bisa berdampak positif dalam meningkatkan tata kelola perusahaan. Sebab, perusahaan menjadi terbuka.

Di satu sisi, menurutnya sektor hulu Pertamina memang membutuhkan fondasi yang kuat untuk investasi. Langkah ini pun dinilai sejalan dengan visi Pertamina untuk menjadi pemain kelas internasional.

Akan tetapi, langkah tersebut harus dijalankan dengan tata kelola perusahaan yang baik. (Baca: Dorong Efisiensi, Pertamina Restrukturisasi Pengelolaan Blok Migas)

Sedangkan, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, IPO merupakan strategi perusahaan untuk ekspansi. Langkah ini mengindikasikan perusahaan sedang berkembang dan memerlukan dukungan anggaran yang cukup besar.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...