Daftar Negara Pembeli dan Setop Beli Minyak dari Rusia

Desy Setyowati
1 Juni 2022, 16:29
rusia, minyak, eropa, amerika, ukraina, cina, india
ANTARA FOTO/REUTERS/Johanna Geron/WSJ/cf
Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadiri konferensi tingkat tinggi Dewan Eropa, saat pemimpin Eropa berusaha sepakat mengenai sanksi minyak Rusia sebagai respon atas invasi Rusia ke Ukraina, di Brussels, Belgia, Senin (30/5/2022).

Sejumlah negara menyatakan akan menyetop pembelian minyak dari Rusia sejak perang di Ukraina pada Februari (24/2). Namun, masih ada beberapa negara yang membeli minyak dari Moscow.

Australia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat (AS) telah memberlakukan larangan langsung atas pembelian minyak Rusia. Sedangkan negara-negara Kelompok Tujuh (G7), termasuk Jepang, berkomitmen melarang atau menghapus impor minyak Rusia per 8 Mei.

Uni Eropa sepakat pada 30 Mei untuk melarang impor minyak dari Rusia melalui laut. “Namun ini berlaku selama enam bulan untuk minyak mentah dan delapan bulan untuk produk olahan,” demikian dikutip dari Rusia, Rabu (1/6).

Larangan tersebut tidak termasuk minyak yang dipasok melalui pipa Druzhba, sehingga memungkinkan kilang di Eropa Timur dan Jerman melanjutkan impor. Sedangkan Polandia dan Jerman mengatakan akan menghapus semua pembelian melalui pipa pada akhir tahun ini.

Sebelum penerapan larangan tersebut, setidaknya 26 perusahaan penyulingan dan perdagangan besar di Eropa menangguhkan pembelian spot atau mengumumkan rencana untuk menghapus secara bertahap 2,1 juta barel per hari (bph) impor Rusia, menurut laporan JP Morgan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...