Jelang IPO, GoTo Gaet Mantan Petinggi Fintech Tiongkok Jadi CFO

Perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia, GoTo mengangkat Jacky Lo sebagai Chief Financial Officer (CFO) atau direktur keuangan. Jacky sebelumnya menjabat CFO di fintech asal Tiongkok.
Desy Setyowati
7 Juni 2021, 19:47
GoTo Gaet Mantan Petinggi Fintech asal Tiongkok di Tengah Rencana IPO
Tokopedia
Ikon aplikasi GoTo

Perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia, GoTo mengangkat Jacky Lo sebagai Chief Financial Officer (CFO). Jacky sebelumnya menjabat CFO di perusahaan teknologi finansial (fintech) asal Tiongkok, OneConnect.

OneConnect merupakan penyedia platform technology-as-a-service (TaaS) untuk lembaga keuangan yang terafiliasi dengan Ping An Insurance. OneConnect juga beroperasi di Indonesia melalui anak usaha, OneConnect Financial Technology Indonesia.

Sebelum itu, Jacky bekerja sebagai CFO dan bendahara untuk Yum China Holdings Inc. Ini merupakan salah satu perusahaan restoran terbesar di Negeri Panda.

Ia bertanggung jawab untuk mengelola tim keuangan yang terdiri dari 600 lebih orang dan membawa perusahaan mencatatkan saham atau IPO di bursa efek New York atau NYSE pada 2016.

Advertisement

Jacky juga pernah bekerja untuk Ernst & Young baik sebagai partner maupun wakil direktur di Asia Pacific Capital Markets Center, selama 15 tahun. Ia memiliki keahlian dalam hal pelaporan untuk otoritas jasa keuangan Amerika Serikat (US SEC) dan persyaratan kepatuhan Sarbanes Oxley.

Ia merupakan akuntan publik yang tersertifikasi dan anggota di Asosiasi Akuntan Publik AS dan Hong Kong.

"Saat menyusun tim eksekutif, kami tahu bahwa perusahaan perlu seorang CFO yang tidak hanya memiliki pengalaman luar biasa dan keahlian untuk mendukung rencana pertumbuhan jangka panjang, tapi juga mempunyai visi, misi dan tujuan yang sama yaitu menciptakan juara Indonesia sejati,” kata CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam siaran pers, Senin (7/6).

Di satu sisi, GoTo berencana IPO sebelum akhir tahun ini. Perusahaan raksasa teknologi ini akan memprioritaskan IPO di pasar saham Indonesia.

Andre menjelaskan, perusahaan tengah berfokus mempersiapkan IPO setelah merampungkan proses merger. Penawaran saham perdana akan dilakukan oleh GoTo sebagai perusahaan induk non-operasional Gojek dan Tokopedia.

“Rekam jejak Jacky sebagai pemikir strategis dan mampu membangun fungsi keuangan bagi perusahaan dengan pertumbuhan tinggi membuatnya ideal untuk bergabung dengan tim kepemimpinan kami,” ujar Andre.

Hal itu sejalan dengan rencana GoTo merealisasikan pengembangan dan mempercepat pertumbuhan. “Ini sebagai bagian dari perjalanan kami menjadi perusahaan tercatat di bursa efek,” kata dia.

Andre mengatakan, Jacky akan berfokus membangun fungsi dan tim keuangan perusahaan di seluruh area termasuk pajak, perbendaharaan, perencanaan keuangan, akuntansi dan pembelian.

“Fokus saya dalam beberapa minggu dan bulan ke depan yakni membangun fondasi dan kemampuan finansial untuk mendukung bisnis berkembang, yang kini semakin mencakup global dan beragam,” ujar Jacky.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait