Menhub Sebut Harga Avtur Mahal, Ini Penjelasan Dirut Pertamina

Image title
26 November 2019, 16:17
Pertamina, Avtur
Petugas Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) PT. Pertamina (Persero) berjalan di tangki penampungan avtur DPPU Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (21/11/2019). Pertamina mengklaim harga avtur masih kompetitif. Pasalnya, biaya untuk menyalurkan avtur ke seluruh Indonesia cukup tinggi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan harga BBM jenis avtur di Jakarta lebih tinggi sekitar 25 persen dibandingkan harga di Singapura. Namun, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengklaim harga avtur saat ini cukup kompetitif.

Nicke pun menjelaskan Pertamina harus menyalurkan avtur ke seluruh Indonesia. Sedangkan biaya penyaluran avtur cukup tinggi. Hal tersebut berbeda dengan negara tetangga seperti Singapura yang wilayah negaranya tidak seluas Indonesia.

"Kami sadar infrastruktur di Indonesia Timur sulit, dibandingkan negara tetangga yang tidak ada pulau terluar.," kata Nicke dalam acara Pertamina Energy Forum 2019, Selasa (26/11).

Dengan tidak adanya infrastruktur yang memadai, Pertamina memerlukan beberapa moda transportasi untuk menyalurkan avtur. Dari Kilang Cilacap, Pertamina mengunakan kapal laut menuju pelabuhan besar yang ada di wilayah timur Indonesia. 

Setelah tiba di pelabuhan besar, avtur akan disimpan dalam Terminal BBM untuk kemudian disalurkan ke pelabuhan kecil menggunakan truk. Dari pelabuhan kecil, avtur diangkut menggunakan kapal menuju kota/kabupaten di Indonesia Timur. 

(Baca: Turunkan Harga, Pemerintah Buka Pintu Swasta Pasok Avtur)

Dari pelabuhan kecil, Pertamina menggunakan truk menuju bandara kecil. Hal itu yang membuat biaya disribusi BBM ke Indonesia Timur menjadi kurang ekonomis.

Untuk itu , dia berharap pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur dapat dioptimlkan guna menekan biaya. "Kami bangun untuk infrastruktur hilir, salah satunya adalah infrastruktur avtur di Indonesia timur," ujar Nicke.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...