Jelang Embargo Penuh, Eropa Masih Impor 1,7 Juta bph Minyak Rusia

Happy Fajrian
29 September 2022, 19:02
minyak, rusia, eropa, inggris,
Dok. Chevron
Ilustrasi.

Negara-negara Uni Eropa dan Inggris berupaya menurunkan ketergantungannya terhadap pasokan energi Rusia. Hingga Agustus, UE dan Inggris telah berhasil menurunkan impor minyak mentah dari Rusia menjadi 1,7 juta barel per hari (bph) dari 2,6 juta bph pada Januari.

Menurut International Energy Agency (IEA), jelang embargo penuh impor minyak dan produk minyak Rusia pada Desember, UE masih menjadi pasar terbesar Rusia.

Adapun Inggris telah setop mengimpor minyak Rusia setelah invasi ke Ukraina dimulai, untuk memangkas pendapatan Rusia yang bisa digunakan untuk membiayai perang.

Amerika Serikat (AS) berpotensi menyusul Rusia sebagai pemasok minyak mentah utama ke UE dan Inggris secara gabungan pada Agustus. Menurut data IEA, impor AS hanya selisih tertinggal dari Rusia hanya 40.000 bph dibandingkan dengan rata-rata 1,3 juta bph sebelum perang.

Pasar Alternatif Pengganti Minyak Mentah Rusia

Beberapa bulan jelang embargo penuh, UE perlu mencari pasokan pengganti 1,4 juta bph minyak Rusia tambahan. “Sekitar 300.000 bph berpotensi berasal dari Amerika, dan 400.000 bph dari Kazakhstan,” kata IEA dalam pernyataannya, seperti dikutip Reuters pada Kamis (29/9).

Sama halnya dengan Rusia yang harus mencari pasar baru untuk menjual minyaknya. Di luar Uni Eropa, pasar ekspor minyak mentah utama Rusia saat ini adalah Cina, India dan Turki.

Ladang minyak terbesar di Norwegia, Johan Sverdrup, yang memproduksi minyak mentah medium-heavy mirip dengan Ural Rusia, juga berencana untuk meningkatkan produksi pada kuartal keempat, berpotensi sebesar 220.000 bph.

IEA mengatakan impor dari daerah lain seperti Timur Tengah dan Amerika Latin akan diperlukan untuk sepenuhnya memenuhi permintaan UE. Pasokan minyak Rusia akan terus mengalir ke UE melalui jaringan pipa karena larangan tersebut tidak mencakup beberapa kilang di negara yang terkurung daratan.

Jerman, Belanda dan Polandia adalah importir utama minyak Rusia di Eropa tahun lalu, tetapi ketiganya memiliki kapasitas untuk membawa minyak mentah lintas laut. Namun, negara-negara yang terkurung daratan di Eropa Timur, seperti Slovakia atau Hongaria, memiliki sedikit alternatif untuk pasokan pipa dari Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...