Jokowi Minta PNS Desain APBN dan APBD Sesederhana Mungkin

Dimas Jarot Bayu
26 Februari 2019, 12:15
Presiden Joko Widodo memberi arahan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo memberikan kuliah umum bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Istora Senayan, Jakarta, (27/3/2018). Presiden meminta PNS menyusun APBN dan APBD sesederhana mungkin dan lebih berorientasi pada hasil.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendesain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesederhana mungkin. PNS tak perlu memiliki banyak program sehingga program yang disusun lebih terkontrol, jelas, dan tepat sasaran.

Menurut Jokowi, program yang fokus memudahkan pemerintah mengontrol pelaksanaannya sehingga hasilnya pun dapat dirasakan masyarakat. "Tujuannya ke sana. Semua harus memulai ini," kata Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2).

PNS juga diimbau untuk berorientasi pada hasil yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara. "Prosedur mengikuti karena prosedur sudah kewajibannya. Jadi bukan orientasi pada prosedur tapi orientasi pada hasil," kata Jokowi.

Presiden juga meminta PNS bekerja dengan cepat untuk merespons perubahan dunia yang begitu dinamis. Setiap hari terjadi perubahan teknologi yang semakin pesat, mulai dari internet of things (IoT) hingga virtual reality (VR). Atas dasar itu, dia menilai para PNS harus mampu menerapkan sistem aplikasi digital ke depannya.

Jokowi meminta agar para PNS tak ragu membuat sistem aplikasi digital. Alasannya pembuatan sistem aplikasi digital kini semakin mudah dan murah.

Jika hal itu tak dilakukan, Jokowi menilai pemerintah dapat kalah bersaing dengan negara-negara lain di dunia. "Kalau kita tidak merespons, ya ditinggal," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...