Mengenal 10 Negara Asia Tenggara, dari Indonesia hingga Filipina

Annisa Fianni Sisma
27 Februari 2023, 18:02
Negara Asia Tenggara
Britannica
Ilustrasi, peta negara-negara Asia Tenggara.

Asia Tenggara adalah wilayah Asia yang paling luas dan terletak di bagian tenggara. Berbagai negara pun ada di wilayah ini. Berkaitan dengan hal itu, menarik membahas negara Asia Tenggara.

Negara Asia Tenggara memiliki banyak gunung, lembah, dan delta. Bentang alam yang beragam ini juga menjadi salah satu ciri khas wilayah ini. Beragam bentang alam itu juga mempengaruhi hewan dan tumbuhan yang hidup di sekitarnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Negara Asia Tenggara

Negara Asia Tenggara mendirikan himpunan yang disebut dengan The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada 1967. Dalam organisasi tersebut, Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Singapura, dan Filipina termasuk di dalamnya. Berkaitan dengan hal itu, berikut penjelasan masing-masing negara tersebut.

1. Indonesia

Negara Asia Tenggara
Negara Asia Tenggara (Britannica)
 

Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang terletak di lautan Hindia dan Pasifik. Indonesia terletak di garis khatulistiwa.

Pulau di dalamnya yakni Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, dan lain sebagainya. Ibu kota Indonesia adalah Jakarta. Pada abad ke-21, Indonesia merupakan negara paling padat di Asia Tenggara dan keempat di dunia.

2. Thailand

Negara Asia Tenggara
Negara Asia Tenggara (Britannica)
 

Thailand menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang terletak di daerah tropis. Oleh karena itu, Thailand termasuk negara yang subur dan sejuk.

Thailand didominasi oleh etnis asli Thai dan Burmese. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Tai, Mon-Khmer, Austronesia, dan Sino-Tibet. Penduduk Thailand beragama Budha dan Islam kemudian ada pula yang beragama Kristen.

3. Brunei Darussalam

Negara Asia Tenggara
Negara Asia Tenggara (Britannica)
 

Brunei Darussalam merupakan negara yang berbatasan dengan Kalimantan dan Malaysia. Brunei terletak di bagian utara Indonesia dan di dekat Laut China.

Brunei didominasi masyarakat Melayu kemudian disusul dengan orang China dan suku lainnya. Bahasa yang digunakan sebagai bahasa resmi adalah bahasa Melayu. Penduduk Brunei dominan beragama Muslim, Kristen, Budha, dan lain sebagainya.

4. Laos

Negara Asia Tenggara
Negara Asia Tenggara (Britannica)
 

Laos merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang terjebak di daratan Asia Tenggara. Wilayahnya membentang 650 mil atau 1.050 kilometer dari barat laut ke tenggara.

Ibu kota Laos adalah Vientiane yang terletak di Sungai Mekong. Laos adalah negara multietnis dan bahasa. Bahasa resminya adalah Lao tetapi banyak pula bahasa lainnya. Agama yang dominan dianut oleh penduduk Laos adalah Buddhisme Theravada.

5. Malaysia

Negara Asia Tenggara
Negara Asia Tenggara (Britannica)
 

Malaysia sebagai negara Asia Tenggara yang terletak di utara garis Khatulistiwa. Ibu kota malaysia adalah Kuala Lumpur. Malaysia juga terletak di bagian utara Indonesia.

6. Vietnam

Negara Asia Tenggara
Negara Asia Tenggara (Britannica)
 

Vietnam adalah negara yang terletak di bagian utara Asia Tenggara. Negara ini bersebelahan dengan Laos dan Laut China.

Penduduk di negara ini didominasi orang asli Vietnam, yakni Tho, Thai, Muong, Mong, khmer, Nung, Dao, dan lain sebagainya. Bahasa resmi Vietnam adalah bahasa Vietnam meskipun ada pula bahasa mon-Khmer yang digunakan.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...