19 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya dengan Benar

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 22:02
19 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya dengan Benar
pixabay.com
Manfaat daun kelor bagi kesehatan

Daun kelor atau moringa oleifera merupakan tanaman di daerah tropis yang biasa digunakan untuk pengobatan. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini sangat banyak, sehingga sering dipakai untuk berbagai keperluan. Di Indonesia, menemui tanaman ini tidaklah sulit, biasanya ditanam di pekarangan rumah.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam daun kelor seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan asam folat. Dari kandungan inilah yang mengantarkan daun kelor menjadi rujukan pengobatan herbal dengan segudang manfaat.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Bagi anda yang mengalami masalah kesehatan, mungkin bisa juga memanfaatkan daun kelor ini sebagai salah satu alternatif pengobatan. Ada beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang penting diketahui. Berikut penjelasannya.

1. Mencegah Diabetes

Penyakit ini mungkin menjadi momok menakutkan, sebab jika sudah menyerang akan sulit sekali untuk disembuhkan. Penyebab dari penyakit diabetes yakni karena kadar gula di dalam darah terlampu tinggi.

Untuk mencegah penyakit ini, perlu memastikan bahwa kadang gula tetap stabil atau normal. Daun kelor memiliki kemampuan menjaga kadar gula tetap rendah, sebab daun ini bisa meningkatkan kinerja dari hormon insulin. Hormon ini berperan dalam menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes.

2. Mencegah Hipertensi

Selain bisa mengkontrol gula di dalam darah, manfaat daun kelor selanjutnya yakni bisa menjaga agar tekanan darah di dalam tubuh tetap normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal dengan nama hipertensi. Kandungan kalium dan antioksidan di dalam daun ini yang berperan aktif untuk menjaga tensi darah di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi dari otak

Otak merupakan organ vital yang dimiliki manusia. Jika fungsi dari otak terganggu maka fungsi dari organ lainnya jyga bisa ikut terganggu. Untuk menjaga agar kesehatan dan fungsi otak tetap terjaga, Anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan risiko gangguan pada otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Daun kelor juga dipercaya bisa meningkatkan memori pada otak sehingga ingatan akan lebih tajam.

4. Mencegah Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya yakni bisa mencegah perumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Daun kelor memiliki antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kelor juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker pangkreas.

5. Obat Peradangan

Daun kelor bisa digunakan untuk mengatasi peradangan karena memiliki kandungan yang dipercaya bisa mengurangai rasa sakit akibat peradangan seperti infeksi atau cidera. Biasanya daun kelor di ekstrak terlebih dahulu, sebelum akhirnya digunakan untuk mengobati peradangan.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun kelor berikutnya yakni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Daun kelor memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal tersebut membuat daun kelor penting untuk meningkatkan imun tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Daun kelor ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat daun kelor untuk mata ini dikarenakan terdapat beberapa kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan organ penglihatan. Kandungan tersebut seperti senyawa fenolik, flavonoid, betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

8. Mengatasi Asam Lambung

Manfaat daun kelor untuk lambung karena di dalam di dalam daun ini memiliki beberapa senyawa baik seperti tanin dan flavonoid yang bisa meredakan peradangan, iritasi, dan mengatasi gejala maag. Kemampuan mengatasi peradangan inilah yang menjadikan daun kelor sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi asam lambung.

9. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit jantung, untuk itu perlu adanya penanganan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Daun kelor merupakan salah satu bahan alami yang bsia mengatasi masalah tersebut karena memiliki berbagai senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Daun kelor selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk perawatan wajah. Penasaran apa saja menfaat daun kelor untuk wajah? Berikut ini penjelasannya.

1. Menunda Penuaan Dini

Daun kelor ternyata bisa digunakan untuk menunda penuaan dini dengan cara menghilangkan kerutan, noda hitan, dan garis halus yang bisanya muncul sebagai tanda penuaan dini. Manfaat daun kelor ini dikarenakan tanaman yang satu ini mampu melawan radikan bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

2. Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit

Masalah pada wajah selanjutnya yang biasa muncul yaitu warna kulit yang tidak rata dan kusam. Daun kelor ternyata memiliki manfaat untuk mencerahkan warna kulit dan juga memperbaiki warna kulit wajah agar rata dan sama. Anda bisa menggunakan daun kelor sebagai masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...