Keputusan Blok Masela Akan Ditentukan Dua Bulan Lagi

Safrezi Fitra
2 Februari 2016, 17:56
Migas
Katadata | Dok.

KATADATA - Kisruh Blok Masela membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan membahas permasalahan rencana pengembangan blok migas tersebut. Setelah dua kali melakukan rapat terbatas bersama para menteri terkait untuk membahas rencana pengembangan Blok Masela, Jokowi belum juga bisa mengambil keputusan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan proses pengambilan keputusan terkait revisi rencana pengembangan (plan of development/PoD) I masih cukup panjang. Sebelum memutuskan, presiden ingin bertemu dengan kontraktor atau investor blok tersebut terlebih dahulu.

Saat ini presiden tengah mengundang Shel dan Inpex untuk membicarakan rencana mereka di Blok Masela. Hasil keputusan Jokowi akan dilanjutkan Sudirman untuk memutuskan persetujuan proposal revisi PoD I Blok Masela. (Baca: Dua Kali Rapat, Jokowi Belum Bisa Putuskan Skema Blok Masela)

“Mudah-mudahan dalam satu dua hari akan dilakukan pertemuan dengan investor, dan satu dua bulan akan difinalkan (keputusan Blok Masela),” ujarnya.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin Jokowi Senin (1/2) sore, masih terjadi perdebatan yang dinamis di antara para menteri mengenai skema pengolahan yang akan digunakan di Blok Masela. Apakah pengolahannya dilakukan di darat (onshore) atau di lokasi sumur migas di tengah laut (offshore).

Meski ada perdebatan, argumentasi yang diungkapkan dalam rapat itu sudah mulai terbuka. Bahkan, kata Sudirman, karena keterbukaan ini Presiden Jokowi menyatakan telah memiliki pertimbangan untuk mengambil keputusan. (Baca: Jelang Putusan Blok Masela, Menteri Rizal dan Sudirman Masih Ribut)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...