15 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Manfaat bayam untuk kesehatan sangat beragam. Hal tersebut dikarenakan sayuran hijau ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Image title
2 Oktober 2021, 14:27
15 Manfaat Bayam untuk Kesehatan
pexels.com
Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya manfaat

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam memang memberikan banyak manfaat. Tren konsumsi makanan sehat dan bergizi memang sedang naik daun. Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, makanan sehat menjadi salah satu kunci agar terhindar dari berbagai penyakit.

Bayam bisa menjadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi sehari-hari. Ada banyak manfaat bayam untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut diperoleh karena bayam mengandung banyak nutrisi.

Kandungan Bayam

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram bayam mentah terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • 520 mg kalsium
  • 80 mg fosfor
  • 7,0 mg besi
  • 20 mg natrium
  • 60,0 mg kalium
  • 0,20 mg tembaga
  • 0,8 mg seng
  • 7,325 mcg beta karoten
  • 0,20 mg vitamin B1
  • 0,10 mg vitamin B2
  • 0,1 mg niacin
  • 62 mg Vitamin C

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan gizi dalam bayam menjadikan sayuran ini cocok dikonsumsi sehari-hari. Mengutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan.

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat yang pertama yaitu bisa melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif. Kondisi tersebut berbahaya untuk tubuh karena bisa merusak DNA dan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan.

Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, kaempferol, dan kuersetin yang bisa melawan radikal bebas. Bayam juga memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko stres oksidatif.

2. Menjaga kesehatan mata

Selama ini kita percaya bahwa wortel bisa menjaga kesehatan mata. Namun siapa sangka jika bayam juga memiliki kemampuan tersebut.

Kandungan zeaxanthin dan lutein berperan aktif melindungi mata dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Dua zat tersebut juga bisa mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenari makula.

3. Mencegah kanker

Bayam memiliki kandungan sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) dan monogalactosyl diacylglycerol (MGDG). Kedua zat tersebut diketahui bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan pada bayam juga bisa melawan kanker yang ditimbulkan oleh stres oksidatif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat sayur bayam bisa menghambat kanker prostat, payudara, dan tumor serviks.

4. Menurunkan tekanan darah

Cara menurunkan darah tinggi bisa dengan mengkonsumsi bayam. Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi bayam selama 7 hari efektif untuk menurunkan hipertensi.

Selain itu, bayam juga mengandung kalium dan asam folat. Kedua zat itu bisa membantu melemaskan dinding pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah lebih terkendali dan masalah kesehatan bisa dicegah.

5. Mengatasi diabetes

Banyam mengandung antioksidan yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menekan stres oksidatif. Dengan demikian, diabetes akan lebih terkontrol.

6. Mencegah risiko asma

Gangguan pernapasan ini memang sangat menggangu. Penyebab asma cukup beragam, bisa karena kondisi lingkungan namun ada juga karena faktor keturunan.

Untuk mencegah risiko penyakit ini, Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam secara rutin. Hal tersebut dikarenakan bayam mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Bayam untuk Wanita

Bagi wanita hamil, bayam bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Beberapa manfaat bayam untuk wanita seperti yang dijelaskan oleh hellosehat.com, sebagai berikut:

1. Mencegah cacat lahir

Kandungan asam folat yang ada pada bayam sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan. Asam folat dapat membantu perkembangan organ san saraf bayi dalam kandungan.

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada bayam sangat diperlukan ibu hamil untuk mencegah anemia. Zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah marah. Ketika jumlah sel darah merah cukup, maka pasokan oksigen ke dalam tubuh juga akan terpenuhi.

Anemia menjadi gangguan kesehatan yang berisiko bagi ibu hamil terutama menjelang melahirkan. Maka dari itu, konsumsi sayur bayam bisa menjadi alternatif untuk mencegah masalah tersebut.

3. Meningkatkan imun tubuh

Imun tubuh sangat diperlukan selama masa kehamilan. Sebab ibu ketika imun tubuh menurun, maka risiko terjadi ganguan kesehatan akan lebih tinggi.

Kandungan vitamin A, C, dan antioksidan dalam sayur bayam sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, ibu hamil akan selalu sehat dan pertumbuhan bayi akan terjaga.

4. Menjaga tulang dan gigi

Manfaat sayur bayam berikutnya yaitu bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bayam memiliki kandungan kalsium yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Kalsium juga penting untuk menjaga saraf, otot, dan peredaran darah agar tetap normal.

5. Melancarkan pencernaan

Bayam mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut diperlukan ibu hamil untuk melancarkan pencernaan. Serat juga bisa mencegah sembelit yang sering dikeluhkan wanita hamil.

6. Mengontrol tekanan darah

Bayam mengandung kalisum dan kalium penting untuk menjaga tekanan darah bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan, tekanan darah menjadi perhatian khusus.

Sebab, ibu hamil mudah mengalami preeklampsia dan eklampsia. Gangguan kesehatan tersebut bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan mempengaruhi pertumbuhan bayi didalam kandungan.

Manfaat Sayur Bayam untuk Bayi

Sayur bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan bayi. Kandungan bayam dapat memenuhi nutrisi harian pada bayi. Bayam bisa diolah menjadi makanan pendamping ASI (MPASI) yang lezat dan sehat.

Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat bayam untuk bayi.

1. Menyehatkan mata

Cara untuk menjaga kesehatan mata pada anak-anak bisa dilakukan dengan memberikan makanan bernutrisi. Bayam bisa menjadi pilihan makanan sehat yang baik untuk mata. Kandungan vitamin A, lutein dan zeaxanthin dipercaya bisa meningkatkan penglihatan pada bayi.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Bayi biasanya mudah sakit, karena daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa. Maka dari itu, para orang tua harus mengerti cara untuk menjaga imun tubuh anaknya.

Konsumsi makanan sehat seperti bayam bisa meningakatkan daya tahan tubuh pada bayi. Hal tersebut karena bayam memiliki kandungan vitamin C yang berperan melawan patogen penyakit. Vitamin C juga bisa mempercepat penyembuhan luka pada anak.

3. Menguatkan tulang

Untuk memperkuat tulang pada anak-anak, biasanya orang tua memberikan susu tinggi kalsium. Namun sayangnya, ada beberapa anak yang alergi dengan produk susu dan olahannya.

Sebagai solusinya, bayi bisa diberikan makanan tinggi kalsium lain seperti bayam. Manfaat sayur bayam bisa menguatkan tulang. Kandungan kalsium dalam bayam diketahui bisa mencukupi 40 persen kebutuhan kalsium harian pada bayi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait