14 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah matoa merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Papua. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Matoa juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat.
Image title
28 Oktober 2021, 21:26
Buah matoa yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan serta kecantikan
hellosehat.com
Buah matoa yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan serta kecantikan

Buah matoa atau Phomatia pinnata Forst adalah jenis buah Sapindaceae yang banyak tumbuh di wilayah Papua. Matoa memiliki daging buah transparan kekuningan. Bijinya mirip seperti biji durian yang sudah masak. Aroma buah ini juga mirip seperti durian. Sementara itu rasa buah matoa disebut-sebut merupakan perpaduan antara lengkeng dengan durian.

Secara morfologis, buah ini memiliki penampilan mirip dengan lengkeng. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai lengkeng papua. Karena keunikan bentuk dan cita rasanya, buah ini ditetapkan sebagai varietas unggul melalui Keputusan Menteri Pertanian RI. 160/Kptps/SR.120/3/2006.

Kandungan Buah Matoa

Matoa juga diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 g matoa terdapat beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Berikut ini daftar kandungan buah matoa.

  • 20 mg kalsium
  • 40 mg fosfor
  • 0,6 mg besi
  • 10 mg natrium
  • 190,0 mg kalium
  • 0,30 mg tembaga
  • 0,6 mg seng
  • 2 mcg beta-karoten
  • 0,18 mg vitamin B1
  • 0,09 mg vitamin B2
  • 0,5 mg niasin
  • 54 mg vitamin C

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Kandungan dalam matoa membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengutip hellosehat.com, alodokter.com, dan gooddoctor.co.id, berikut ini beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan.

1. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini sangat beragam. Sehingga konsumsi buah ini dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Vitamin yang terdapat dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas. Selain itu mineral yang ada didalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Mencegah infeksi

Manfaat buah matoa berikutnya yaitu dapat mencegah infeksi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa matoa bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan dan kemih.

Hal tersebut diduga karena matoa mengandung antioksidan dan antibakteri. Kedua kandungan tersebut umumnya ditemukan pada kulit matoa.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Matoa juga dipercaya bisa menurunkan darah tinggi secara alami. Ekstrak buah ini mengandung senyawa aktif yang bersifat diuretik. Kandungan tersebut dapat meningkatkan jumlah cairan yang dapat dikeluarkan tubuh. Apabila tubuh banyak mengeluarkan cairan tak terkecuali yang berasal dari pembuluh darah, maka tekanan darah akan berangsung turun.

Penelitian yang pernah dilakukan di Bandung menyebutkan bahwa ekstrak matoa dapat membuang kelebihan air dan garam melalui urine. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi orang yang berisiko mengalami hipertensi.

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat matoa berikutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Senyawa fenolik yang ada dalam buah ini diketahui mampu menurunkan penyerapan gula dalam usus. Maka dari itu buah matoa aman untuk dikonsumsi penyintas diabetes.

5. Memelihara jantung

Efek antioksidan polifenol diketahui dapat mengurangi peradangan, menurunkan darah tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat. Dari manfaat tersebut, maka penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung, serangan  jantung, dan stroke dapat dicegah.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah matoa sering digunakan dalam obat tradisional untuk melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung antioksidan yang dapat diserap usus. Selain itu, antioksidan dalam matoa juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus.

7. Mencegah kanker

Matoa mengandung senyawa bioaktif yang berpotensi untuk mencegah kanker. Aktivitas antioksidan senyawa tersebut dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel, jaringan, dan organ tubuh. Kerusakan tersebut berpotensi menumbuhkan sel kanker.

8. Mencegah gangguan mental

Siapa sangka jika buah matoa ternyata dapat mencegah masalah mental. Kandungan vitamin E dalam buah ini ternyata berperan dalam membantu mencegah gangguan mental.

Dalam Indian Journal of Psychiantry menyebutkan bahwa kekurangan vitamin E dalam menyebabkan stres berkepanjangan. Gangguan stres tersebut jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan depresi dan gangguan kecemasan.

9. Menambah stamina dan imun tubuh

Kandungan gula yang dalam buah ini dipercaya bisa meningkatkan stamina. Gula tersebut nantinya akan diubah tubuh menjadi energi. Hal tersebut membuat Anda lebih bertenaga. Jika dikonsumsi rutin, matoa juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

10. Meningkatkan kesuburan

Manfaat buah matoa untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesuburan. Kandungan vitamin E berperan penting dalam hal ini.

Sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat menyebutkan bahwa vitamin tersebut dapat mengoptimalkan ovulasi pada wanita.

Ovulasi merupakan sebuah proses pelepasan sel telur yang telah matang untuk dibuahi. Sedangkan pada pria, vitamin E dipercaya bisa meningkatkan produksi dan kelincahan sperma.

Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, matoa juga bermanfaat untuk kecantikan. Melansir dari halodoc.com, berikut ini beberapa manfaat buah matoa untuk kecantikan.

1. Menjaga kesehatan kulit

Matoa mengandungan vitamin C dan E yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, sehingga kulit tetap sehat.

2. Mencerahkan wajah

Matoa juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu wajah lebih cerah dan awet muda.

3. Mengatasi jerawat

Jerawat menjadi masalah bagi banyak orang. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan buah matoa. Kandungan senyawa aktif yang bersifat antimikroba berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di pori-pori wajah.

4. Membantu regenerasi kulit

Manfaat buah matoa selanjutnya yaitu dapat membantu regenasi kulit. Kandungan senyawa aktif didalamnya bermanfaat untuk menghilangkan kulit kusam dan mengambat penuaan dini.

Cara Mengolah Buah Matoa

Matoa memiliki rasa yang unik dan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan. Menutip dari cookpad.com, berikut ini beberapa cara mengolah buah matoa.

1) Resep Es Matoa

Bahan-bahan

  1. Buah matoa kupas 150 g.
  2. Air mineral 500 ml.
  3. Sirup lemon 200 ml.
  4. Gula pasir 100 g atau sesuai selera.
  5. Biji selasih seduh.
  6. Es batu secukupnya.

Cara membuat

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini.
  2. Masukkan seluruh bahan ke dalam wadah seperti mangkuk besar.
  3. Aduk rata es matoa, kemudian sajikan dalam gelas.

2) Asinan Matoa

Bahan-bahan

  1. Buah matoa 500 g.
  2. Air hangat 200 ml.
  3. Gula pasir 3 sendok makan.
  4. Jeruk limau 1 – 2 buah.
  5. Garam secukupnya.
  6. Cabai merah besar yang dipotong halus sebanyak 1 buah.

Cara membuat

  1. Kupas kulit matoa lalu sisihkan.
  2. Masukkan gula, garam, irisan cabai, dan air ke dalam mangkuk.
  3. Aduk rata sampai gula larut dan tambahkan matoa yang telah dibersihkan sebelumnya.
  4. Dan asinan matoa siap dinikmati.

3) Puding matoa

Bahan-bahan

  1. Buah matoa secukupnya
  2. Puding tanpa rasa sebanyak 1 bungkus.
  3. Gula secukupnya.
  4. Air secukupnya.

Cara membuat

  1. Bersihkan buah matoa lalu buang bijinya.
  2. Masak puding bersama air sampai mendidih.
  3. Susun matoa dalam cetakan puding.
  4. Tuang puding yang telah dimasak perlahan-lahan.
  5. Diamkan sampai suhu puding menjadi hangat.
  6. Masukkan puding ke kulkas agar semakin nikmat saat disantap.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait