14 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
28 Oktober 2021, 21:26
Buah matoa yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan serta kecantikan
hellosehat.com
Buah matoa yang kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan serta kecantikan

Buah matoa atau Phomatia pinnata Forst adalah jenis buah Sapindaceae yang banyak tumbuh di wilayah Papua. Matoa memiliki daging buah transparan kekuningan. Bijinya mirip seperti biji durian yang sudah masak. Aroma buah ini juga mirip seperti durian. Sementara itu rasa buah matoa disebut-sebut merupakan perpaduan antara lengkeng dengan durian.

Secara morfologis, buah ini memiliki penampilan mirip dengan lengkeng. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai lengkeng papua. Karena keunikan bentuk dan cita rasanya, buah ini ditetapkan sebagai varietas unggul melalui Keputusan Menteri Pertanian RI. 160/Kptps/SR.120/3/2006.

Kandungan Buah Matoa

Matoa juga diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 g matoa terdapat beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Berikut ini daftar kandungan buah matoa.

  • 20 mg kalsium
  • 40 mg fosfor
  • 0,6 mg besi
  • 10 mg natrium
  • 190,0 mg kalium
  • 0,30 mg tembaga
  • 0,6 mg seng
  • 2 mcg beta-karoten
  • 0,18 mg vitamin B1
  • 0,09 mg vitamin B2
  • 0,5 mg niasin
  • 54 mg vitamin C

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Kandungan dalam matoa membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengutip hellosehat.com, alodokter.com, dan gooddoctor.co.id, berikut ini beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan.

1. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini sangat beragam. Sehingga konsumsi buah ini dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Vitamin yang terdapat dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas. Selain itu mineral yang ada didalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Mencegah infeksi

Manfaat buah matoa berikutnya yaitu dapat mencegah infeksi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa matoa bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan dan kemih.

Hal tersebut diduga karena matoa mengandung antioksidan dan antibakteri. Kedua kandungan tersebut umumnya ditemukan pada kulit matoa.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Matoa juga dipercaya bisa menurunkan darah tinggi secara alami. Ekstrak buah ini mengandung senyawa aktif yang bersifat diuretik. Kandungan tersebut dapat meningkatkan jumlah cairan yang dapat dikeluarkan tubuh. Apabila tubuh banyak mengeluarkan cairan tak terkecuali yang berasal dari pembuluh darah, maka tekanan darah akan berangsung turun.

Penelitian yang pernah dilakukan di Bandung menyebutkan bahwa ekstrak matoa dapat membuang kelebihan air dan garam melalui urine. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi orang yang berisiko mengalami hipertensi.

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat matoa berikutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Senyawa fenolik yang ada dalam buah ini diketahui mampu menurunkan penyerapan gula dalam usus. Maka dari itu buah matoa aman untuk dikonsumsi penyintas diabetes.

5. Memelihara jantung

Efek antioksidan polifenol diketahui dapat mengurangi peradangan, menurunkan darah tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat. Dari manfaat tersebut, maka penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung, serangan  jantung, dan stroke dapat dicegah.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah matoa sering digunakan dalam obat tradisional untuk melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung antioksidan yang dapat diserap usus. Selain itu, antioksidan dalam matoa juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus.

7. Mencegah kanker

Matoa mengandung senyawa bioaktif yang berpotensi untuk mencegah kanker. Aktivitas antioksidan senyawa tersebut dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel, jaringan, dan organ tubuh. Kerusakan tersebut berpotensi menumbuhkan sel kanker.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...