10 Manfaat Rambutan untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
21 Maret 2022, 10:28
10 Manfaat Rambutan untuk Memelihara Kesehatan Tubuh
pixabay.com
Buah rambutan

Rambutan atau Nephelium lappaceum merupakan buah dari Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sekilas buah ini mirip dengan leci, hanya saja buah rambutan terdapat rambut pada kulitnya sedangkan leci tidak ada. Selain rasanya yang lezat, manfaat buah rambutan juga berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

Pasalnya buah ini mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Mengutip dari hellosehat.com, kandungan rambutan seperti berikut:

  1. Protein
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Serat
  5. Kalsium
  6. Fosfor
  7. Besi
  8. Natrium
  9. Kalium
  10. Tembaga
  11. Seng
  12. Vitamin B2
  13. Niasin
  14. Vitamin C

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam rambutan, membuat buah yang satu ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, berikut manfaat rambutan untuk kesehatan.

1. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Rambutan merupakan buah yang mengandung banyak serat. Kandungan ini berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan proses pengeluaran tinja saat buang air besar. Maka dari itu, mencukupi kebutuhan serat dari buah rambutan atau makanan sehat lain bisa mencegah sembelit atau konstipasi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin A, C, dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika daya tahan tubuh kuat, maka kita bisa terhindar dari beragam penyakit.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Selain mengandung vitamin dan antioksidan, rambutan juga mengandung kalium yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung. Perlu diketahui bahwa kalium merupakan jenis mineral yang berguna untuk menurunkan darah tinggi dan menjaga tekanan tetap stabil.

Tak hanya itu, antioksidan yang ada dalam rambutan juga berguna untuk mengurangi perdangan. Maka dari itu, konsumsi rambutan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi buah rambutan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Manfaat rambutan untuk diet dikarenakan buah ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menurunkan nafsu makan dan membuat berat badan menurun.

Namun untuk mendapatkan lebih optimal, Anda perlu mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin olahraga.

5. Memelihara Kesehatan Tulang

Bertambahnya usia membuat kesehatan dan kekuatan tulang menurun. Namun hal ini dapat dicegah jika Anda konsumsi makanan tinggi kalsium dan kalium. Salah satu makanan dengan kandungan kalsium dan kalium tinggi yaitu buah rambutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...