9 Menu Buka Puasa Sehat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Siti Nur Aeni
4 April 2022, 15:36
Salad sayur salah satu menu buka puasa sehat yang baik untuk tubuh
pixabay.com
Salad sayur salah satu menu buka puasa sehat yang baik untuk tubuh

Konsumsi menu buka puasa sehat sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan tubuh kita membutuhkan nutrisi selepas seharian berpuasa. Lalu, apa sajakah menu berbuka puasa yang sehat dan lezat? Berikut referensinya.

Menu Buka Puasa yang Sehat dan Lezat

Buka puasa merupakan momen yang ditunggu saat bulan Ramadhan. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, di waktu tersebut kita sudah diperbolehkan makan dan minum. Karena penting, banyak orang yang akhirnya secara khusus menyiapkan beragam menu untuk buka puasa.

Melansir dari laman doktersehat.com, berikut ini beberapa menu buka puasa sehat yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

1. Sayur-sayuran

Salah satu menu buka puasa rumahan yang sehat yaitu sayuran. Makanan ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

Saat berpuasa, lambung akan beristirahat. Hal tersebut membuat ukuran lambung menyusut dan produksi enzim pencernaan berkurang. Maka dari itu, sangat disarankan mengonsumi sayuran saat berbuka puasa. Pasalnya, jenis makanan ini cukup mudah dicerna.

Konsumsi sayuran juga membuat lambung tidak bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan setelah seharian istirahat. Lain halnya jika Anda langsung mengonsumsi makanan berat, maka lambung akan shock dan bisa menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

2. Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang segar. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah juga sangat berguna untuk tubuh. Hampir seluruh buah mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat seharian berpuasa.

3. Smoothies

Menu buka puasa sehat lainnya yaitu smoothies. Makanan ini terbuat dari campuran buah, gandum, granola, dan beberapa biji-bijian. Selain lezat, smoothies juga sangat sehat karena bisa mengembalikan energi yang telah hilang. Smoothies yang disajikan dalam keadaan dingin juga bisa menambah kenimatan momen berbuka Anda.

4. Nasi Merah

Nasi merah juga termasuk makanan sehat yang bisa menjadi menu berbuka puasa. Nasi merah mengandung zat bersi yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih. Zat besi merupakan mineral penting yang memiliki banyak fungsi untuk tubuh, salah satunya menghasikan energi.

5. Nasi Jagung

Nasi jagung juga termasuk menu buka puasa irit yang bisa Anda konsumsi. Nasi jagung sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, nasi jagung juga dapat mencegah anemi karena makanan ini kaya zat besi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...