9 Menu Buka Puasa Sehat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Menjaga asupan makanan saat berbuka puasa sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan. Adapun menu buka puasa sehat yang berguna untuk tubuh, sebagai berikut.
Image title
4 April 2022, 15:36
Salad sayur salah satu menu buka puasa sehat yang baik untuk tubuh
pixabay.com
Salad sayur salah satu menu buka puasa sehat yang baik untuk tubuh

Konsumsi menu buka puasa sehat sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan tubuh kita membutuhkan nutrisi selepas seharian berpuasa. Lalu, apa sajakah menu berbuka puasa yang sehat dan lezat? Berikut referensinya.

Menu Buka Puasa yang Sehat dan Lezat

Buka puasa merupakan momen yang ditunggu saat bulan Ramadhan. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, di waktu tersebut kita sudah diperbolehkan makan dan minum. Karena penting, banyak orang yang akhirnya secara khusus menyiapkan beragam menu untuk buka puasa.

Melansir dari laman doktersehat.com, berikut ini beberapa menu buka puasa sehat yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

1. Sayur-sayuran

Salah satu menu buka puasa rumahan yang sehat yaitu sayuran. Makanan ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

Advertisement

Saat berpuasa, lambung akan beristirahat. Hal tersebut membuat ukuran lambung menyusut dan produksi enzim pencernaan berkurang. Maka dari itu, sangat disarankan mengonsumi sayuran saat berbuka puasa. Pasalnya, jenis makanan ini cukup mudah dicerna.

Konsumsi sayuran juga membuat lambung tidak bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan setelah seharian istirahat. Lain halnya jika Anda langsung mengonsumsi makanan berat, maka lambung akan shock dan bisa menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

2. Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang segar. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah juga sangat berguna untuk tubuh. Hampir seluruh buah mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat seharian berpuasa.

3. Smoothies

Menu buka puasa sehat lainnya yaitu smoothies. Makanan ini terbuat dari campuran buah, gandum, granola, dan beberapa biji-bijian. Selain lezat, smoothies juga sangat sehat karena bisa mengembalikan energi yang telah hilang. Smoothies yang disajikan dalam keadaan dingin juga bisa menambah kenimatan momen berbuka Anda.

4. Nasi Merah

Nasi merah juga termasuk makanan sehat yang bisa menjadi menu berbuka puasa. Nasi merah mengandung zat bersi yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih. Zat besi merupakan mineral penting yang memiliki banyak fungsi untuk tubuh, salah satunya menghasikan energi.

5. Nasi Jagung

Nasi jagung juga termasuk menu buka puasa irit yang bisa Anda konsumsi. Nasi jagung sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, nasi jagung juga dapat mencegah anemi karena makanan ini kaya zat besi.

Untuk membuatnya cukup mudah. anda hanya perlu menumbuk atau menghaluskan jagung tua kemudian kukus sampai matang. Nasi jagung bisa dikonsumsi bersama lauk pauk lain seperti ikan asin, sayur-sayuran, dan lain sebagainya.

6. Ikan

Berbicara tentang menu buka puasa sehat, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengulas menu dari ikan. Hewan laut yang satu ini memang sudah terkenal sebagai makanan yang menyehatkan tubuh.

Konsumsi ikan saat berbuka puasa ternyata membawa banya dampak positif untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, ikan kaya akan nutrisi dan vitamin, namun tetap rendah lemak.

Olahan ikan juga sangat beragam, sehingga Anda tidak akan bingung saat menjadi menu berbahan dasar ikan untuk buk puasa. Salah satu jenis olahan ikan yang direkomendasikan yaitu olahan ikan berkuah yang dilengkapi dengan sayur mayur. Dengan demikian, nutrisi yang masuk ke tubuh menjadi semakin lengkap.

7. Kentang Rebus

Konsumsi ketang rebus saat buka puasa juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Makanan yang satu ini dipercaya mengandung kalori yang rendah. Tak hanya itu, kentang juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang selama seharian berpuasa.

8. Sup Kacang Merah

Makanan berkuah memang sangat cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Salah satu menu buka puasa yang segar dan berkuah yaitu sup kacang merah. Saat membuat makanan yang satu ini, Anda juga bisa menambahkan sayuran lain untuk meningkatkan cita rasanya.

9. Oatmeal

Menu buka puasa sehat lainnya yaitu oatmeal. Makanan yang kaya serat ini dipercaya bisa membantu melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, konsumsi oatmeal ketika berbuka juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, tanpa perlu makan terlalu banyak, Anda tidak akan cepat lapar dan tentu saja membuat tubuh terasa nyaman saat menjalankan ibadah salat Tarawih.

Tips Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat

Selain mempertimbangkan menu buka puasa yang akan dikonsumsi, Anda juga perlu menerapkan kebiasaan baik saat berbuka puasa. Hal ini diperlukan agar tubuh tetap terjaga dan puasa berjalan dengan lancar. Mengutip dari sehatq.com, berikut ini cara berbuka puasa yang benar dan sehat.

  1. Menyegerakan berbuka puasa jika waktunya telah tiba.
  2. Mencukupi kebutuhan air putih.
  3. Jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan.
  4. Konsumsi takjil sehat.
  5. Makan nasi dengan lauk yang bernutrisi.
  6. Menghindari makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi lemak, makanan dalam kemasan, serta mekanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan.
  7. Jangan langsung berbaring selepas makan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait