Memahami Cara Menghilangkan Insecure pada Diri Sendiri

Image title
22 Desember 2022, 16:12
Cara Menghilangkan Insecure
Katadata
Ilustrasi, perasaan insecure.

Cara menghilangkan insecure atau perasaan tidak aman penting diketahui karena hal ini berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Melansir dari Akupintar.id, insecure adalah emosi yang muncul dan membuat diri jadi inferior, merasa malu, kekurangan hingga tidak percaya diri.

Ada beragam bentuk insecure dalam diri seseorang yang muncul dalam wujud berbeda. Bahkan, seseorang yang insecure bisa tidak menyadari bahwa dirinya sedang insecure akan suatu hal sepele, seperti jerawat, berat badan dan beragam hal lainnya.

Cara Menghilangkan Insecure pada Diri Sendiri

Perasaan insecure perlu dihilangkan, karena perasaan ini dapat memicu pikiran negatif pada diri seseorang, yang pada akhirnya akan berakibat buruk pada kondisi mental. Ada beragam cara menghilangkan insecure dalam diri yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan mental, antara lain sebagai berikut:

1. Introspeksi dengan Mengenali Apa yang Dirasakan

Cara menghilangkan insecure di dalam diri ialah dengan tidak buru-buru merasa denial, misalnya "Tidak apa-apa,  aku tidak insecure". Merasa percaya diri bahwa diri baik-baik saja memang bagus namun katakan hal tersebut setelah Anda duduk sebentar, bertanya pada diri sendiri dan mencari tahu apa yang sedang dirasakan sebenarnya.

2. Menenangkan Diri dan Mencari Bantuan

Berkaca dengan mengamati ekspresi wajah diri sendiri bisa jadi motivasi untuk orang yang sedang merasakan insecure.  Coba duduk dan tenangkan diri sebentar, jika membutuhkan bantuan Anda bisa melakukan konseling online agar dibantu oleh orang profesional.

3. Berpikir Positif

Menumbuhkan pikiran positif bisa jadi kunci untuk mengatasi perasaan takut secara berlebihan atau insecure. Terkadang perasaan tidak cantik, tidak pandai, kurang pandai bergaul dan hal lainnya hanya ada di dalam pikiran saja. Cobalah berpikir sebaliknya, sadari bahwa Anda merupakan orang menyenangkan dan memiliki banyak kelebihan.

4. Temukan Kelebihan Diri Sendiri

Langkah selanjutnya, mulailah kenali diri sendiri untuk mengurangi rasa insecure. Coba pikirkan apa yang Anda sukai dan kurang disukai misalnya bakat lalu kembangkan bakat tersebut. Jika Anda menyukai hitungan maka bisa dikembangkan dengan terus belajar matematika.

5. Menerima Diri Sendiri 

Menerima diri sendiri jadi cara menghilangkan insecure di dalam diri. Sadari bahwa Anda memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Jika seseorang memiliki kelebihan di bidang lain, Anda juga pasti memiliki kelebihan di bidang lainnya.

6. Melakukan Hal yang Menyenangkan

Jika sudah menemukan apa kelebihan yang dimiliki di dalam diri, saatnya bagi Anda untuk mengembangkannya. Lakukan hal yang menyenangkan untuk mengembangkan kelebihan tersebut. Pada prinsipnya cara mengatasi insecure dimulai dari dalam diri sendri terlebih dahulu.

7. Bicara dengan Orang Terdekat

Berbicara dengan orangtua, teman atau saudara bisa juga jadi cara menghilangkan insecure karena bisa mengurangi beban pikiran. Utarakan semua hal yang membuat Anda cemas dan ragu, bisa juga menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. 

Jenis-jenis Perasaan Insecure

Perasaan insecure bisa muncul karena beragam aspek kehidupan dan sulit dibatasi. Selain cara menghilangkan insecure, kenali juga jenis-jenis perasaan insecure. Setiap orang memiliki jenis insecure yang berbeda, berikut jenis-jenis insecure melansir dari Sehatq.com

1. Insecure pada Hubungan 

Merasa insecure ketika menjalin hubungan dengan  orang lain bisa disebabkan sejak anak-anak. Ketika masih kecil, anak tidak merasakan kedekatan dengan orang tua atau wali sehingga merasa tidak aman dan membentuk citra diri buruk. Hal ini mengakibatkan individu mengalami tekanan emosional  lebih besar dan penyesuaian tidak tepat di kemudian hari.

2. Insecure pada Penampilan 

Masih banyak orang yang merasa insecure pada penampilan sehingga merasa tidak puas dengan diri sendiri dan tidak percaya diri. Rasa kekurangan pada penampilan bisa dirasakan oleh siapa saja dari beragam bentuk tubuh apa pun.

3.  Insecure pada Kondisi Sosial 

Insecure sosial bisa muncul pada saat Anda mengkhawatirkan pandangan atau pendapat orang lain tentang Anda. Perasaan tidak mampu berinteraksi dengan orang lain juga bisa dirasakan. Perasaan insecure  seperti ini bisa jadi masalah kecil berulang dan berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial.

4.  Insecure pada Pekerjaan 

Insecure pada pekerjaan bisa dipicu karena ketidakjelasan masa depan di suatu perusahaan, perubahan struktur perusahaan dan penerimaan manfaat tertentu yang melekat pada pekerjaan. Adapun faktor eksternal seperti perubahan tren di industri tempat kerja, kondisi ekonomi dan konflik di lingkungan kerja yang bisa menimbulkan perasaan insecure terhadap pekerjaan.

7 cara menghilangkan insecure di atas bisa Anda coba agar terus berkembang dan tidak membatasi diri. Hal ini diperlukan agar terus tumbuh. Jika perasaan insecure mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, cobalah untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait