Harga Bensin Premium Tak Jadi Turun Hingga Akhir Tahun

Anggita Rezki Amelia
30 September 2016, 20:27
BBM Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah akhirnya tidak menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium penugasan. Padahal sebelumnya, menurut hitungan keekonomian, harga Premium penugasan bisa turun. Sementara Solar bersubsidi mengalami kenaikkan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Teguh Pamudji mengatakan harga BBM jenis Solar subsidi maupun Premium jenis penugasan untuk periode Oktober 2016 hingga Desember 2016 tidak mengalami perubahan. “1 Oktober diberlakukan tetap," kata dia di Kementerian ESDM,  Jakarta, Jumat (30/9). 

(Baca: Hitungan Keekonomian, Harga Premium Turun Rp 300 Bulan Depan)

Dengan demikian harga jual  BBM jenis solar subsidi akan tetap sebesar Rp 5.150 per liter. Harga jual Premium jenis penugasan untuk wilayah non-Jamali (Jawa-Madura-Bali) sebesar Rp 6.450 per liter. Sedangkan harga jual minyak tanah masih tetap sebesar Rp 2.500 per liter.

Penetapan ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Dalam aturan tersebut Menteri ESDM memiliki kewenangan untuk menetapkan harga jual BBM jenis BBM Tertentu dan jenis BBM Khusus Penugasan. 

Berdasarkan situs resmi Kementerian ESDM, ada tiga pertimbangan utama yang membuat harga dua jenis BBM itu tidak berubah. Pertama, mempertimbangkan kemampuan keuangan negara atau situasi perekonomian.  (Baca: BPK Minta Pertamina Setor Keuntungan Solar Subsidi Rp 3,1 T ke Negara)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...