Jonan Dorong Tiongkok Jadi Mitra Pertamina di Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
13 November 2017, 15:33
Kilang minyak
Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendorong perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di sektor pengolahan minyak dan gas bumi (migas). Dia ingin perusahaan-perusahaan ini bisa menjadi mitra PT Pertamina (Persero) dalam membangun kilang minyak Bontang di Kalimantan Timur.

"Saat ini yang kami tahu, sebuah perusahaan Tiongkok sedang mendiskusikan kerja sama dengan Pertamina untuk grass root refinery (GRR) di Bontang," kata Jonan dalam sambutannya di acara  The 5th Indonesia-China Energy Forum (ICEF), di Jakarta, Senin (13/11). Sayangnya dia tidak menyebutkan nama perusahaan tersebut.

(Baca: 96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia)

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan pemerintah menyerahkan kewenangan menentukan siapa mitra yang akan digandeng di Kilang Bontang kepada Pertamina. "Tadi pak menteri di sambutan bilang silakan perusahaan Cina berpartner sama Pertamina," kata Ego.

Beberapa waktu lalu Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar pernah mengatakan proses pencarian mitra strategis mitra Pertamina di Kilang Bontang sudah mengerucut. Dari puluhan calon mitra yang berminat, kini tersisa investor dari dua negara yang menjadi kandidat kuat.

“Sekarang yang leading itu ada dua, yakni Kuwait dan Tiongkok," ujar dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (9/5). (Baca: Jonan Surati Jokowi, Minta Resmikan Pembangunan Kilang Balikpapan)

Pertamina telah menargetkan calon mitra Pertamina di Kilang Bontang bisa diputuskan dalam tahun ini. Sedangkan pembangunan kilang ini ditargetkan selesai 2023. Dalam membangun Kilang Bontang, Pertamina tidak akan mengeluarkan dana. Seluruh biaya yang dibutuhkan untuk membangun kilang baru ini akan ditanggung pihak swasta yang menjadi mitra Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...