Temuan Harta Karun Gas WK North Ganal Berpotensi Kerek Investasi Migas

Happy Fajrian
16 Oktober 2023, 19:01
north ganal, cadangan gas, investasi migas,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

Penemuan "harta karun" gas sebesar 5 triliun kaki kubik (TCF) di Wilayah Kerja North Ganal, Kalimantan Timur dinilai dapat memperpanjang usia cadangan gas nasional sekaligus daya tarik investasi sektor minyak dan gas (migas).

Mengacu data SKK Migas, Indonesia masih memiliki 128 cekungan. Dari jumlah tersebut, 20 cekungan sudah berproduksi, 8 cekungan sudah dibor namun belum produksi, 19 cekungan diindikasikan menyimpan hidrokarbon, 13 cekungan dry hole, dan 68 cekungan belum dibor.

Analis Energi Institute for Energy Economic and Financial Analysis (IEEFA) Putra Adhiguna optimistis temuan cadangan gas di North Ganal dan besarnya potensi cekungan yang dimiliki Indonesia, akan meningkatkan kembali investasi eksplorasi gas.

“Jadi bahwa ditemukan cadangan gas itu positif karena menunjukkan bahwa secara geologi itu masih ada. Namun, hal-hal yang selama ini jadi perhatian dari banyak pihak seperti stabilitas peraturan dan sebagainya harus menjadi keseriusan pemerintah,” katanya, dikutip Senin (16/10).

Bagi pelaku usaha, investasi di hulu migas membutuhkan rentang waktu 20-30 tahun. Oleh karena itu, keberadaan regulasi sangat dibutuhkan untuk menunjang investasi eksplorasi maupun eksploitasi migas.

“Tanpa adanya regulasi akan sulit untuk bisa melihat stabilitas jangka panjang dalam investasi. Lagi-lagi bicara investasi adalah berbicara rentang waktu 2 sampai 3 dekade,” kata Putra.

Selain itu penemuan di North Ganal akan memperpanjang usia cadangan gas Indonesia yang diproyeksikan hanya mampu bertahan hingga 17 tahun ke depan.

“Perlu diakui bahwa cadangan gas di Indonesia umurnya tidak begitu lama, ada estimasi yang menunjukkan 17 tahun ke depan. Penemuan ENI tersebut perlu disikapi secara positif, karena relatif dengan jumlah cadangan Indonesia saat ini,” kata dia.

Perusahaan minyak dan gas bumi asal Italia, ENI, sebelumnya baru saja mengumumkan telah menemukan cadangan gas baru di di wilayah Kalimantan Timur yang berpotensi menjadi giant discovery.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...