ESDM Buka Pendaftaran Lelang 11 Wilayah Tambang Minerba mulai Desember

Mela Syaharani
20 November 2023, 11:02
lelang wilayah tambang, pertambangan, lelang wiup, minerba
ANTARA FOTO/REUTERS/Yusuf Ahmad
Ilustrasi tambang.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Panitia Lelang Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara akan melaksanakan lelang WIUP mineral logam dan batu bara.

Pendaftaran peserta lelang serta dan penyampaian dokumen persyaratan 6-8 Desember 2023. Lelang ini dilaksanakan pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM.

Pelaksanaan penawaran akan dilakukan secara tertulis tanpa kehadiran peserta melalui internet secara tertutup (close bidding) pada aplikasi lelang WIUP. Dalam pengumumannya, pemerintah akan melelang beberapa blok mineral, mulai dari emas hingga nikel.

Calon peserta lelang mendaftarkan diri pada aplikasi lelang WIUP mineral dan batubara dengan menggunakan akun single sign on OSS BKPM pada saat dimulainya pelaksanaan lelang. Setelah itu mengunggah softcopy dokumen persyaratan administratif teknis dan pengelolaan lingkungan serta finansial.

Calon peserta juga menyampaikan dokumen penempatan jaminan kesungguhan bentuk failed deposito berjangka sebesar 10% dari nilai kompensasi data informasi pada bank pemerintah atau himpunan bank milik negara.

Jaminan ini diletakkan dalam sampul tertutup dan tersegel kepada panitia lelang di ruang pelayanan informasi terpadu Direktorat Jenderal mineral dan batu bara pada hari dan jam kerja waktu pelaksanaan pendaftaran dan penyampaian dokumen persyaratan lelang.

Berikut daftar 11 WIUP yang dilelang, beserta komoditas tambang yang dikandungnya:

  • Blok Mulya Agung

Komoditas : Bijih Besi
Lokasi : Kotawaringin Timur dan Katingan, Kalimantan Tengah
Luas Lahan : 97.144 hektare (Ha)
Kompensasi Data Informasi : Rp 145,72 miliar

  • Blok Ulu Rawas

Komoditas : Bijih Besi
Lokasi : Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan
Luas Lahan : 6.707 Ha
Kompensasi Data Informasi : Rp 10 miliar

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...