Menteri ESDM Buka-bukaan Soal Cadangan Migas Baru, Ini Lokasinya

Mela Syaharani
5 Januari 2024, 15:52
migas
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan keterangan pers terkait Pertemuan Menteri Energi ASEAN (AMEM) ke-41 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/8/2023). Pertemuan menteri-menteri energi ASEAN itu menyepakati interkonektivitas energi di kawasan Asia Tenggara untuk mendukung ketahanan energi berkelanjutan.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM mengatakan sejumlah temuan atau discovery cadangan migas terbaru dapat menunjang tercapainya target produksi pada 2030. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan penemuan ini perlu disyukuri.

Seperti penemuan gas di Geng North, di wilayah kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur oleh perusahaan migas Italia, ENI dengan kapasitas temuan mencapai 5 triliun kaki kubik (TCF) serta kondensat.

Kemudian temuan di Sumur Timpan-1 di WK Andaman II serta temuan teranyar SKK Migas di Sumur Layaran-1 di South Andaman dengan total cadangan 6 TCF pada pertengahan Desember lalu.

“Kami punya target 12 BSCFD (miliar standar kaki kubik per hari) di 2030 dengan produksi Blok Masela, Geng North, Timpan, dan Layaran. Itu kami hitung-hitung jumlah gasnya baru 11,01 BSCFD, masih 0,9 BSCFD lagi. Nah ini yang lagi kita cari,” kata Arifin saat ditemui di kantornya pada Jumat (5/1).

Arifin menyebut, dalam mencapai target tersebut dia menyebut perlu juga menyiapkan prasarana lain. “Kami harus menyiapkan infrastrukturnya. Kalau ada gasnya tapi tidak bisa diangkut, ya sama saja,” jelas Arifin.

“Yang penting gas untuk transisi energi bisa cukup tapi dibarengi dengan terbangunnya infrastruktur,” ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Arifin juga memberi tanggapan terkait proyeksi produksi minyak Indonesia pada tahun ini. “Kalau minyak memang agak berat,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...