Pertamina Gandeng KNOC Joint Study Pengembangan Teknologi Rig-to-CCS

Mela Syaharani
10 Januari 2024, 18:15
pertamina, ccs, korsel, penangkapan karbon
Katadata
Ilustrasi rig migas lepas pantai.
Button AI Summarize

Pertamina jalin kerja sama dengan Korea National Oil Corporation (KNOC) untuk mengembangkan Rig-to-CCS (carbon capture storage). Rig-to-CCS merupakan teknologi untuk memanfaatkan anjungan lepas pantai (offshore platform) migas yang sudah tidak dimanfaatkan lagi menjadi fasilitas CCS.

Kerja sama ini terjalin melalui penandatanganan Joint Study Agreement oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan President & CEO KNOC, Mr. Dong Sub Kim di Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (10/1).

Nicke mengatakan kerja sama pengembangan Rig-to-CCS adalah wujud komitmen Pertamina mengurangi emisi serta mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

“Selain untuk memperkaya kajian CCS, kerja sama ini juga membantu penyelesaian masalah Indonesia pada Abandonment and Site Restoration (ASR) anjungan lepas pantai," kata Nicke dalam siaran pers yang dikutip pada Rabu (10/1).

Nicke menjelaskan bahwa ASR merupakan tantangan ditengah banyaknya jumlah anjungan migas lepas pantai yang tidak digunakan setelah puluhan tahun digunakan dan produksi migas berakhir.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...