Airlangga Sebut Kebijakan Deforestasi Eropa Bisa Bikin Rugi Rp 105 T

Andi M. Arief
13 Juli 2023, 13:47
eropa, airlangga hartarto, deforestasi
ANTARA FOTO/Aqila Budiati/app/YU
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan paparan dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah menghitung dampak implementasi Undang-Undang Uni Eropa tentang Deforestasi atau EUDR. Ia mengatakan kerugian terhadap perdagangan Indonesia dengan UE akibat kebijakan tersebut bisa mencapai US$ 7 miliar atau sekitar Rp 105,58 triliun.

Airlangga mengatakan aturan tersebut akan berdampak pada tujuh komoditas nasional. Beberapa adalah daging sapi, kakao, sawit, kedelai, kayu, dan karet.

Oleh karena itu, Airlangga telah membentuk Satuan Tugas Khusus bersama Pemerintah Malaysia dan Uni Eropa terkait implementasi aturan tersebut. Satgas akan melakukan dialog agar kebijakan tak diskriminatif. 

"Selain itu, Satgas tersebut akan memberikan capacity building kepada pemilik kebun kecil," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Kamis (13/7).

EUDR akan mengenakan produk-produk sesuai dengan risiko deforestasi. Airlangga mencatat produk beresiko tinggi mendapatkan bea tambahan sebanyak 8%, risiko sedang 6%, dan risiko rendah 4%.

Agar tidak mendapatkan bea tambahan tersebut, produk yang akan masuk ke Eropa harus terverifikasi. Oleh karena itu, Airlangga mengajukan agar panduan verifikasi tersebut mengadopsi beberapa sertifikasi lokal.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...