8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat menurut Studi

Image title
7 September 2021, 10:45
Kombinasi makanan sehat dan olaraga adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat
pexels.com
Kombinasi makanan sehat dan olaraga adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat

Berat badan berlebih dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas dan diabetes. Perlu dipahami bahwa kelebihan berat badan tidak selalu berarti obesitas. Kelebihan berat badan dan obesitas merupakan istilah untuk tubuh yang memiliki kelebihan lemak menurut National Kidney Foundation di Amerika Serikat.

Istilah obesitas umumnya berarti jumlah lemak tubuh yang jauh lebih tinggi daripada kelebihan berat badan. Dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2016, lebih dari 1,9 miliar orang berusia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 650 juta mengalami obesitas.

Berat badan merupakan titik penyeimbang. Kalori berperan penting dalam keseimbangan tersebut. Penurunan berat badan dapat terjadi karena membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat bisa dilakukan dengan berbagai pilihan sebagai berikut.

1. Mencoba puasa intermiten

Puasa intermiten atau intermittent fasting adalah pola makan yang melibatkan puasa jangka pendek, secara teratur dan mengonsumsi makanan dalam periode yang lebih singkat di siang hari.

Beberapa penelitian dalam International Journal of Obesity telah menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek berlangsung hingga 24 minggu. Itu menjadi salah satu cara cepat menurunkan berat badan.

Metode puasa intermiten yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Puasa bergantian atau alternate day fasting (ADF), yaitu puasa setiap dua hari sekali dan makan secara normal pada hari biasa. Ada versi lain yang dimodifikasi, yakni dengan mengatur porsi makan 25%–30% dari kebutuhan energi tubuh selama hari puasa.
  • Diet 5:2, yaitu puasa cukup 2 hari dalam sepekan atau 7 hari. Saat hari puasa, makanan yang dikonsumsi sebesar 500-600 kalori.
  • Metode 16/8, yaitu puasa selama 16 jam dan makan hanya selama 8 jam. Bagi kebanyakan orang, waktu 8 jam adalah sekitar tengah hari hingga jam 8 malam. Makan dalam periode terbatas berdampak pada konsumsi kalori lebih sedikit dan penurunan berat badan.

2. Olahraga teratur

Olahraga sangat efektif sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Penelitian dalam American Journal of Physiology merekomendasikan setidaknya 30 menit olahraga setiap hari. Latihan interval intensitas tinggi atau high-intensity interval training (HIIT) merupakan olahraga paling efektif untuk menurunkan berat badan.

HIIT adalah metode aerobik intens yang dirancang untuk mengkondisikan tubuh dalam waktu lebih singkat daripada kardio intensitas rendah yang stabil. Durasi total sesi HIIT sekitar 30-60 menit, termasuk pemanasan dan pendinginan. Jeda atau interval HIIT adalah 60 detik.

Selain menurunkan berat badan, HIIT memaksimalkan kerja kardiovaskular sehingga membuat jantung Anda lebih kuat dan lebih efisien. Selain olahraga HIIT, beberapa jenis olahraga lain yang cocok untuk menurunkan berat badan adalah:

  • Berjalan
  • Joging atau lari
  • Bersepeda
  • Latihan angkat beban
  • Berenang
  • Yoga
  • Pilates

3. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat dengan mengurangi karbohidrat olahan, termasuk gula dan pati. Pada saat tubuh mengurangi konsumsi karbohidrat olahan, tingkat rasa lapar akan turun, dan kalori yang dimakan lebih sedikit menurut studi dalam jurnal Obesity Volume 15, Issue 1.

Cara mengurangi karbohidrat adalah dengan diet rendah karbohidrat dan mengganti karbohidrat dengan biji-bijian. Beberapa pengganti karbohidrat yang baik meliputi:

  • Gandum utuh, roti, dan beras merah.
  • Buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai pengganti camilan.
  • Teh herbal dan infused water sebagai pengganti minuman soda.
  • Smoothie dengan air atau susu, bukan jus buah yang mengandung gula.

4. Protein untuk sarapan

Protein dapat mengatur hormon nafsu makan sehingga membantu tubuh cepat merasa kenyang. Dalam International Journal of Obesity efek tersebut dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Konsumsi protein menurunkan hormon pengendali rasa lapar yang disebut ghrelin dan meningkatkan hormon pembuat kenyang.

Penelitian pada orang dewasa muda juga menunjukkan bahwa efek hormonal dari sarapan berprotein tinggi dapat bertahan selama beberapa jam. Sumber protein yang baik untuk sarapan meliputi:

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...