Golkar Tetap Usung Airlangga Capres, Tak Khawatir PPP Tinggalkan KIB

Ade Rosman
26 April 2023, 19:24
Golkar Airlangga
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga HartartoÊmenyampaikan pidato pada acara Kuliah Umum Partai Golkar di Golkar Institute, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan partainya tetap mengajukan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024. Keputusan itu menurut Ace tidak terpengaruh dengan sikap Partai Persatuan Pembangunan yang telah mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Partai Golkar juga masih konsisten dengan Pak Airlangga Hartarto sebagai Capres dari Golkar," kata Ace, saat dihubungi, Rabu (26/4).

Adapun Golkar dan PPP saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu bersama Partai Amanat Nasional. Ace menyebut Golkar tidak khawatir bila koalisi yang telah dibangun sejak 14 Agustus 2022 lalu akhirnya bubar.

Menurut Ace, tanpa PPP suara Golkar dan PAN masih bisa untuk mengusung calon presiden. "Partai Golkar dan PAN masih tetap memenuhi untuk persyaratan presidential treshold. Jadi jika PPP telah memiliki kebijakan sendiri, tak mengurangi kecukupan tiket Pilpres 2024 dari KIB," kata Ace.

Sebelumnya, PPP secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono dalam konferensi pers di Yogyakarta, Rabu (26/4).

Keputusan PPP mendukung Ganjar diambil setelah menggelar rapat pimpinan nasional selama dua hari di Yogyakarta. Nama Ganjar juga didukung mayoritas pengurus daerah PPP. 

Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP Romahurmuziy menyatakan kerja sama PPP bersama Golkar dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu akan tercerai-berai bila berbeda pilihan dalam penentuan calon presiden 2024. "Auto bubar kalau beda," kata Romy. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...