Top News: Pergerakan Saham Investor Asing, Fitur Ekslusif iPhone Baru

Aryo Widhy Wicaksono
10 Juli 2023, 05:55
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2/2023).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2/2023).

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada akhir perdagangan pekan lalu, Jumat (7/7), berada pada zona hijau. IHSG mengalami kenaikan 0,82% ke level 6.716 dari posisi penutupan pekan lalu.

Sejak awal bulan ini, pada periode 3-7 Juli 2023, pergerakan IHSG terlihat positif pada hampir semua indikator perdagangan di bursa.

Di antara transaksi tersebut, juga tercatat banyak investor asing yang melepas dan mengoleksi saham.

Rincian daftar 10 saham yang paling banyak dikoleksi serta dilepas investor asing menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada akhir pekan ini.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. 10 Saham Paling Banyak Dijual dan Dibeli Investor Asing dalam Sepekan

Menurut Sekretaris Perusahaan BEI, Yulianto Aji Sadono, pada pekan ini frekuensi transaksi harian bursa mencapai 1,2 juta transaksi, atau meningkat 24,69% dari transaksi pekan sebelumnya.

"Rata-rata nilai transaksi harian bursa sebesar 19,26%, melonjak dari Rp 7,78 triliun pada pekan lalu menjadi Rp 9,28 triliun pada penutupan pekan ini," kata Yulianto dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (7/9).

Selain itu, rata-rata volume transaksi bursa selama sepekan naik 17,94% menjadi 17,75 miliar saham dari 15,05 miliar saham pada pekan sebelumnya. Kenaikan itu membuat kapitalisasi pasar bursa turut meningkat 2,48% menjadi Rp 9.693 triliun dari Rp 9.459 triliun pada penutupan pekan lalu.

Meski begitu, bila dilihat dari sisi imbal hasil IHSG sejak awal tahun masih minus 1,96%. Investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp 16,83 triliun. Kinerja IHSG kalah unggul dari indeks LQ45 yang naik 1,13%, juga dari indeks IDX30 yang naik 0,76%.

Simak daftar lengkap saham yang paling banyak dijual dan dibeli investor asing dalam sepekan.

2. Anthoni Salim Siapkan Rp 15 Triliun Akuisisi Perusahaan Filipina

Perusahaan investasi yang terafiliasi dengan konglomerat Anthoni Salim, First Pacific berencana membeli 36,6% saham perusahaan infrastruktur Filipina Metro Pacific Investments Corp. (MPIC) sebanyak 54,8 miliar peso ($992 juta) atau sekitar Rp 15,02 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.151 per dolar AS.

Dikutip dari Forbes, konsorsium First Pacific yang terdiri dari GT Capital Holdings dan Mitsui & Co. Jepang menaikkan harga penawaran untuk sisa saham MPIC yang tidak mereka miliki, menjadi 5,20 peso masing-masing dari 4,63 peso.

Konsorsium awalnya mengusulkan untuk menjadikan perusahaan yang terdaftar di Filipina itu sebagai perusahaan tertutup. Nilai penawaran terbaru MPIC sebesar 149,2 miliar peso.

Direktur Eksekutif First Pacific, Christopher Young, mengatakan penawaran baru ini sebagai harga terbaik dan terakhir yang dapat diberikan oleh penawar kepada pemegang saham minoritas MPIC.

Ketahui lebih banyak mengenai rencana Anthoni Salim untuk mengakuisisi perusahaan Filipina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...