Alasan Jokowi Larang TikTok Shop Jualan: Demi Lindungi UMKM

Ameidyo Daud Nasution
25 September 2023, 16:30
tiktok, jokowi, tiktok shop
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di pembukaan Indonesian Furniture Industry And Handicraft Association 2023 di ICE BSD, Banten, Kamis (14/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya melarang media sosial seperti TikTok Shop berjualan. Jokowi menjelaskan larangan ini untuk melindungi para pedagang dari dampak yang besar.

Jokowi mengatakan aturan terkait larangan media sosial untuk ecommerce ini akan dirilis besok. Hal ini sebelumnya telah dibahas dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan.

"Besok (aturannya) mungkin keluar. Ini karena dampaknya dahsyat, kami terlambat beberapa bulan, efeknya sudah ke mana-mana," kata Jokowi dalam Pembukaan Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Jokowi mengatakan perkembangan teknologi seharusnya menciptakan potensi ekonomi baru dan bukan menggerus kegiatan yang berjalan. Oleh sebab itu pemerintah akan merancang aturan yang terintegrasi.

"Payung besar transformasi digital harus dibuat lebih holisitik sehingga industri kreatif dan UMKM dipayungi dari terjangan digital," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...