Top News: Teka-teki Cawapres Prabowo, Perkara Ganti Rugi 1 Ton Emas

Aryo Widhy Wicaksono
20 Oktober 2023, 05:50
Bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto saat perayaan ulang tahunnya ke-72 di, Jakarta, Selasa (17/10/2023).
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto saat perayaan ulang tahunnya ke-72 di, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Koalisi Indonesia Maju sebagai pendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto, menjadi satu-satunya poros koalisi yang belum mendaftarkan pasangan untuk Pilpres 2024.

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024. Pada hari pertama pembukaan pendaftaran, Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadi yang pertama mendaftar, kemudian Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Rencana koalisi untuk mengusung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka terancam kandas, meski isunya menguat setelah purusan Mahkamah Konsitusi mengenai batas usia capres - cawapres.

Kemudian belakangan, muncul nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai kandidat tunggal bakal cawapres Prabowo.

Misteri tersebut mungkin akan terjawab Jumat (20/10) setelah koalisi menggelar forum ketua umum partai pendukung Prabowo.

Rencana partai koalisi pendukung Prabowo mengumumkan nama cawapres menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga dinamika perubahan nama cawapres Prabowo dari Gibran menjadi Erick Thohir, serta Antam yang menolak memberikan ganti rugi kepada warga Surabaya.

Berikut Top News Katadata.co.id.

1. Prabowo Umumkan Nama Cawapres Usai Rapat Ketua Umum Koalisi Besok

Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden segera memutuskan nama calon wakil presiden yang akan menjadi calon wakil presiden.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan keputusan tentang penetapan capres prabowo akan dilakukan dalam forum ketua umum partai pendukung Prabowo.

“Forum pembahasan yang akan dipimpin Prabowo Subianto menunggu kembalinya Zulkifli Hasan dari lawatan,” ujar Eddy kepada Katadata.co.id seperti dikutip Kamis (19/10).

Menurut Eddy saat ini Zulkifli tengah dalam kunjungan kenegaraan bersama Presiden Joko Widodo ke Cina dan berlanjut ke Riyadh Arab Saudi. Ia mengatakan Zulkifli dijadwalkan akan tiba di Tanah Air pada Jumat (20/10).

2. Rencana Usung Gibran Disebut Kandas, Erick Thohir Calon Kuat Cawapres

Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden belum juga memutuskan nama bakal calon wakil presidennya. Kabar terakhir, rencana mengusung Gibran Rakabuming Raka terancam kandas. Alhasil Menteri BUMN Erick Thohir menjadi kandidat tunggal bakal cawapres Prabowo.

Sumber Katadata.co.id yang mengetahui proses tersebut mengabarkan kans Gibran menjadi cawapres hampir tertutup karena PDI Perjuangan mempertahankannya dan mendorong putra sulung Presiden Joko Widodo itu di Tim Pemenangan Nasional pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Selain itu, faktor resistensi publik terhadap isu politik dinasti jika Gibran menjadi cawapres.

Kepastian nasib Gibran akan semakin terang saat Walikita Solo tersebut rencananya akan bertemu dengan elite PDIP pada Kamis ini. Gibran akan diminta untuk bergabung dalam TPN Ganjar - Mahfud. Alhasil, saat ini Erick Thohir menjadi kandidat tunggal cawapres Prabowo. "Erick Thohir yang akan jadi cawapres," kata sumber tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...