KPK Tagih Komitmen Capres - Cawapres Urus Pemberantasan Korupsi

Ira Guslina Sufa
11 Januari 2024, 15:38
KPK Korupsi
ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Sejumlah anak didampingi orang tuanya menuliskan pesan anti korupsi saat kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengundang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada kegiatan Penguatan Anti-Korupsi bagi Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) pada tanggal 17 Januari 2024. Pada kesempatan itu para capres dan cawapres akan menyampaikan gagasan antikorupsi masing-masing di hadapan KPK.

"Benar, akan diberikan kesempatan untuk masing-masing pasangan menyampaikan (gagasan pemberantasan korupsi)," kata Juru Bicara KPK Ipi Maryati seperti dikutip Kamis (11/1). 

Ipi menjelaskan penguatan integritas dan antikorupsi kepada pasangan calon capres dan cawapres 2024 dimaksudkan sebagai pembekalan kepada para kandidat untuk selalu memberikan keteladanan. Terlebih kepada kandidat yang nanti terpilih lewat pemilihan presiden atau Pilpres 2024. 

Selain itu Ispi mengatakan lewat kegiatan ini KPK juga ingin memastikan komitmen antikorupsi para capres-cawapres. “Harapannya, ke depan dapat mendorong kebijakan  yang mendukung pemberantasan korupsi sesuai ratifikasi UNCAC dan Jakarta Statement on Principle for Anticorruption Agencies,” ujar ISPI lagi. 

Bukan Ajang Adu Gagasan Soal Pemberantasan Korupsi

KPK sebelumnya pada Rabu (10/1) mengadakan rapat koordinasi teknis persiapan PAKU Integritas khusus bagi capres dan cawapres 2024. Rapat itu dihadiri oleh perwakilan dari ketiga capres-cawapres.

Dalam rapat tersebut dijelaskan konsep kegiatan dan teknis penyelenggaraan acara. Selain itu, juga ada pembahasan beberapa substansi terkait materi yang diharapkan nantinya dapat dielaborasi oleh masing-masing pasangan sebagai wujud komitmen dalam upaya pemberantasan korupsi.

Terpisah, Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 telah mengkonfirmasi kehadiran. Ali menjelaskan kegiatan tersebut bukan merupakan sarana untuk saling adu gagasan pemberantasan korupsi. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...