Medco Power Gaet PTPS Kembangkan Energi Terbarukan di Sulawesi Tengah

Medco dan PTPS bekerja sama dalam kajian terkait pengembangan energi terbarukan dan berbasis gas di Sulawesi Tengah. Langkah ini diklaim dapat mendongkrak pendapatan daerah.
Image title
4 Februari 2022, 12:26
Medco Power, energi terbarukan, energi bersih, energi baru terbarukan
Medco Power dan PTSP
Medco Power bekerja sama dengan PTSP dalam kajian terkait pengembangan energi terbarukan dan berbasis gas di Sulawesi Tengah

PT Power Medco Indonesia (Medco Power) menggandeng PT Pembangunan Sulawesi Tengah (PTPS) untuk pengembangan energi bersih di Sulawesi Tengah. Keduanya bekerja sama dalam kajian terkait pengembangan energi berbasis gas dan energi terbarukan.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria menyampaikan, perusahaan berkomitmen untuk mendukung pengembangan penyediaan energi berbasis gas dan energi terbarukan. Ini untuk mempercepat program pemerintah dalam mendorong penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan.

"Dengan nota kesepahaman ini, saya berharap Medco Power dan PTPS dapat bersinergi dalam mendorong kemajuan infrastruktur gas dan energi terbarukan di Sulawesi Tengah," kata Eka dalam keterangan tertulis, Kamis (3/2).

Advertisement

Direktur Utama PTPS Leomirnandi D Karamoy menambahkan, penandatanganan nota kesepahaman atau MoU ini sejalan dengan tujuan pendirian PTPS, yaitu menumbuhkan dan meningkatkan kegiatan perekonomian daerah. Dengan begitu, akan berdampak luas kepada masyarakat Sulawesi Tengah dan berkontribusi ke pendapatan daerah.

Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura mengatakan, wilayahnya merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya alam berlimpah. Dia berharap proyek strategis ini dapat memanfaatkan sumber daya alam di Sulawesi Tengah dengan baik.

Selain itu, “mendorong terciptanya pembangunan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Sulawesi Tengah," kata dia.

Medco Power merupakan produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi. Bergerak di sektor independent power producer (IPP) dan operation and maintenance (O&M), Medco Power mengoperasikan pembangkit listrik total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia.

Selain aset yang sudah beroperasi, Medco Power sedang mengembangkan PLTP Ijen di Jawa Timur, PLTGU Riau berkapasitasnya 275 MW. Selain itu, proyek PLTS 2x25 MWp di Bali dan PLTS Sumbawa dengan kapasitas 26,8 MWp.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait