Pulau Nustual jadi Lokasi Pelabuhan Pendukung Kilang LNG Blok Masela

Image title
16 Maret 2020, 18:40
SKK Migas, blok masela, kilang lng, pelabuhan pendukung
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
SKK Migas menyatakan Pulau Nustual di Kepulauan Tanimbar akan menjadi lokasi pembangunan pelabuhan pendukung proyek Kilang LNG Blok Masela.

SKK Migas menyatakan bahwa Pulau Nustual, Kepulauan Tanimbar, telah ditetapkan sebagai lokasi untuk pelabuhan pendukung pembangunan mega proyek kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi Blok Masela. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Maluku No 96 Tahun 2020 tertanggal 14 Februari 2020.

Pembangunan pelabuhan dengan luas 27 hektare (ha) ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan produksi gas bumi Lapangan Abadi serta penyediaan sarana dan prasarana. Selain itu, pelabuhan ini juga untuk memfasilitasi perpindahan barang termasuk suku cadang guna keperluan pembangunan kilang Blok Masela.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan, pembangunan pelabuhan di Pulau Nustual ini ditujukan sebagai fasilitas pendukung berjalannya proyek Blok Masela. Adapun untuk lokasi pembangunan Kilang nantinya juga tidak akan jauh dari lokasi tersebut.

“Ini untuk pelabuhan. Untuk kilang nanti di dekat situ, di situ kan di pulau nanti di sebelahnya,” kata Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (16/3).

(Baca: SKK Migas Kantongi Rekomendasi Lahan 1.000 Hektar untuk Blok Masela)

Dikonfirmasi secara terpisah, Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menjelaskan, bahwa pelabuhan tersebut berbeda dengan pelabuhan logistik. Pasalnya, pelabuhan tersebut ditujukan hanya sebagai lalu lintas dan tempat kapal berlabuh.

"Mungkin bisa hanya untuk port titik lintas jetty yang agak menjorok ke laut yang dalam, yang cukup untuk merapat kapal nantinya," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (16/3).

Di sisi lain, menurut dia pihaknya saat ini juga belum menentukan lokasi penampungan logistik untuk keperluan pembangunan megaproyek Blok Masela.

Pasalnya, proses lelang pembuatan desain detail (Front End Engineering Design/FEED) fasilitas LNG Blok Masela masih berjalan. "Sekarang masih fase pengadaan untuk FEED. Masih lama," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...