Belum Beroperasi, Blok Masela, IDD Sudah Amankan Kontrak Jual Beli LNG

Muhamad Fajar Riyandanu
16 November 2022, 20:51
blok masela, skk migas, lng, idd, proyek migas,
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi LNG.

SKK Migas menyatakan bahwa pemerintah telah mengamankan pembeli gas alam cair atau LNG dari proyek Abadi LNG di Blok Masela dan proyek migas laut dalam Indonesia Deepwater Development (IDD) lewat kontrak jangka panjang.

Padahal nasib kedua proyek migas raksasa ini masih dalam proses mencari mitra dengan Shell yang hengkang dari proyek Masela dan Chevron dari proyek IDD.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan kepastian pembeli LNG Blok Masela datang dari pasar domestik dan luar negeri seperti Jepang, Eropa, dan Cina. Sementara pembeli gas industri domestrik datang dari permintaan Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Pupuk Indonesia.

Proyek Abadi Masela merupakan salah satu dari empat proyek strategis nasional atau PSN dengan potensi produksi mencapai 150 million standard cubic feet per day (mmscfd) gas alam. Investasi proyek ini mencapai US$ 19,8 miliar atau Rp 297 triliun dengan kurs Rp 15.000 per dolar AS yang ditargetkan onstream pada kuartal II 2027.

“Dari Masela itu sekitar 3 juta ton per tahun yang sudah komit, misalnya 2 juta ton PLN kemudian untuk PGN, Pupuk dan industri-industri yang lainnya yang diperkirakan totalnya 9 juta ton,” kata Dwi saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR pada Rabu (16/11).

Sementara pasokan gas dari IDD akan langsung masuk ke Kilang Bontang milik PT Pertamina untuk langsung disalurkan ke kawasan industri Kalimantan Timur.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...