9 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan dan Resep Mudah Mengolahnya

Siti Nur Aeni
3 November 2021, 13:04
Buah markisa yang mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh
pixabay.com
Buah markisa yang mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh

Buah markisa merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di negara beriklim hangat. Maka tak heran jika tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia. Setidaknya ada dua jenis markisa yang biasa tumbuh di Indonesia, yaitu markisa ungu dan kuning.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika, pada tahun 2020 hasil produksi tanaman markisa di Indonesia sebanyak 53.319,00 ton. Lebih tinggi dibandingkan dengan buah blewah, anggur dan stroberi.

Advertisement

Kandungan Buah Markisa

Salah satu alasan buah ini banyak digemari yakni karena rasanya yang khas. Buah markisa rasa antara asam dan manis serta menyegarkan. Dibalik cita rasanya yang unik, kandungan nutrisi dalam buah ini juga cukup lengkap.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, diketahui dalam 100 g markisa segar memiliki komposisi nilai gizi sebagai berikut:

  • Kalsium 27 mg
  • Fosfor 203 mg
  • Besi 1,4 mg
  • Natrium 37 mg
  • Kalium 453,8 mg
  • Tembaga 0,11 mg
  • Seng 0,1 mg
  • Vitamin A 0 mcg
  • Beta-karoten 969 mcg
  • Karoten total 691 mcg
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin B2 0,17 mg
  • Niasin 2 mg
  • Vitamin C 10 mg

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah markisa membuat buah segar ini kaya manfaat. Mengutip dari alodokter.com dan hellosehat.com, berikut beberapa manfaat markisa untuk kesehatan.

1. Melawan radikal bebas

Radikal bebas merupakan penamaan untuk sel rusak yang memberikan dampak negatif. Radikal bebas bisa berasal dari dalam tubuh hasil dari poses alami. Namun radikal bebas juga bisa berasal dari luar tubuh seperti asap rokok, polusi udara, kontaminan pada makanan, dan lain sebagainya.

Kadar radikal bebas perlu diimbangi dengan antioksidan. Markisa merupakan salah satu buah yang tinggi antioksidan. Senyawa aktif inilah yang berperan penting untuk menjaga sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Beberapa bahaya apabila jumlah radikal bebas dikendalikan yaitu terjadi penuaan dini hingga risiko penyakit jantung dan kanker.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol dalam markisa berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga konsumsi buah ini bisa menjaga tubuh dari risiko penyakit khususnya disebabkan oleh infeksi seperti flu.

3. Merawat pencernaan

Manfaat buah markisa selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Mengontrol kadar gula dalam darah

Markisa merupakan jenis buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Bukan hanya itu, kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi juga beperan untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak markisa diketahui bisa meningkatkan kerja insulin dan mencegah diabetes.

5. Memelihara kesehatan tulang dan sendi

Manfaat berikutnya dari buah tropis ini yaitu bisa menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kandungan mineral dipercaya bisa menurunkan risiko osteoporosis. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement