Exxon Sewa Rig Pertamina untuk Bor Sumur Eksplorasi Banyuurip Rp 485 M

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Agustus 2023, 17:00
Exxon
Katadata
Exxon

PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) dan Exxonmobil Cepu Limited (EMCL) menandatangai kontrak pengadaan rig pengeboran lima sumur infill dan dua sumur eksplorasi untuk lapisan klastik di lapangan minyak Banyuurip Blok Cepu.

Penandatangan dilakukan oleh Senior Vice President Production ExxonMobil Indonesia dan Direktur Utama PDSI Rio Dasmanto di Kantor SKK Migas pada Kamis (10/8).

Pengeboran sumur diharapkan mampu mengerek produksi minyak di Blok Cepu menjadi 175.000 ribu barel per hari (BOPD), naik 18.000 BOPD dari tingkat produksi yang sudah ada saat ini. Angka tersebut bakal mengungguli capaian produksi minyak di Blok Rokan sebesar 172.000 BOPD.

Sebagai informasi, Sumur infill merupakan sumur yang digali di antara sumur yang sudah ada.

Direktur Utama PDSI Rio Dasmanto mengatakan nilai invetasi yang disetor oleh Exxon mencapai US$ 32 juta atau sekira Rp 485,8 triliun untuk jasa pengadaan satu rig pengeboran.

Rig PDSI #40.3 dengan spesifikasi Rig Cyber Electric VFD System dengan kapasitas 1500 horsepower itu akan digunakan untuk tujuh sumur secara bergantian. Adapun termin kontrak pengadaan rig itu berlaku selama 18 bulan.

"Mulai tajak 1 Maret 2024. Satu rig ini untuk tujuh sumur, setelah sumur pertama selesai maka pindah ke sumur kedua. Satu sumur butuh waktu pengeboran dua bulan," kata Rio.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...