Konflik Israel Palestina Kerek Harga Minyak, Bagaimana Batu Bara?

Mela Syaharani
11 Oktober 2023, 14:37
harga batu bara, harga minyak, konflik israel palestina
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).

Harga minyak mentah dunia pada awal pekan ini mengalami lonjakan akibat konflik Israel dengan kelompok militer Hamas di Palestina. Sejalan dengan harga minyak, harga batu bara juga berpotensi melonjak.

“Dampaknya terhadap harga batu bara, jika harga minyak naik biasanya harga batu bara akan terkerek naik,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia kepada Katadata.co.id pada Rabu (11/10).

Dia menjelaskan, konflik ini berpotensi mendorong permintaan batu bara. “Dalam hal terjadi kenaikan harga migas dampak dari konflik di Timur Tengah, maka kondisi ini berpotensi mendorong permintaan terhadap batu bara sehingga berpotensi menaikkan harga,” kata Hendra.

Meski berpotensi mengerek harga, namun hingga saat ini Hendra tidak dapat memastikan seberapa besar kenaikannya. Hal ini karena ada banyak faktor yang menyebabkan naiknya harga batu bara, seperti permintaan, sentimen kepanikan, pengaruh cuaca, ketersediaan alat berat, tutup tambang, hingga konflik antar negara.

“Jadi banyak banget faktor, tiba-tiba ada perang di Rusia Ukraina itu berarti dia nggak dapat batu bara. Nah berarti permintaannya meningkat, jadi macam-macam sih kejadiannya yang bisa mendorong,” ujar Hendra.

Dia juga menerangkan, kenaikan harga akibat sentimen atau kepanikan hanya akan terjadi dalam jangka waktu singkat. Sehingga tidak perlu ada perhatian khusus jika harga batu bara naik.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...