11 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan dan Resep Mudah Mengolahnya

Siti Nur Aeni
27 Oktober 2021, 16:12
Daun katuk yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
pixabay.com
Daun katuk yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Di Indonesia daun katuk sudah sangat terkenal terutama di kalangan ibu menyusui. Sayuran ini dipercaya bisa membantu melancarkan air susu ibu (ASI). Namun selain baik untuk melancarkan ASI, sayur katuk juga memiliki ragam manfaat lainnya. Ingin tahu apa saja khasiat sayur katuk? Berikut penjelasannya.

Kandungan Daun Katuk

Katuk mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dalam 100 g katuk segar sebagai berikut:

Advertisement
  • 233 mg kalsium
  • 98 mg fosfor
  • 3,5 mg besi
  • 21 mg natrium
  • 478,8 mg kalium
  • 0,30 mg tembaga
  • 1,3 mg seng
  • 9,152 mcg beta-karoten
  • 10,020 mcg karoten total
  • 0,00 mg vitamin B1
  • 0,31 mg vitamin B2
  • 2,3 mg niasin
  • 164 mg vitamin C

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat katuk memiliki banyak manfaat. Melansir dari hellosehat.com dan sehatq.com, berikut ini manfaat daun katuk untuk kesehatan.

1. Mengatasi dan mencegah peradangan

Sayur katuk mengandungan vitamin C dan karotenoid bersifat antioksidan. Kandungan tersebut membuat sayur ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian yang terbit di The Natural Products Journal menyebutkan bahwa zat antiradang dalam sayur ini bisa mengurangi bengkak lebih cepat dibandingkan obat papaverine.

2. Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C dalam daun katuk tak hanya bermanfaat sebagai antioksidan, namun juga bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Vitamin C bisa membantu pembentukan kolagen. Saat kulit luar mengalami luka, maka vitamin C dari daun ini akan dipecah dan diangkut bersama aliran darah ke sel yang membutuhkan, termasuk kulit yang luka.

3. Mencegah infeksi bakteri

Manfaat daun katuk lainnya yaitu dapat mencegah infeksi bakteri. Ekstrak etanol dalam sayur katuk ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pneumonia dan bakteremia.

4. Menjaga imun

Vitamin C dalam sayur katuk juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat asupan vitamin C tercukupi maka sistem kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan virus, bakteri, dan patogen penyebab penyakit lainnya.

5. Mencegah obesitas

Kelebihan berat badan dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan. katuk mengandung flavonoid, serat, dan air dapat membantu perut kenyang lebih lama. Dengan demikian, secara tidak langsung daun katuk bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

6. Menurunkan kadar gula darah

Sayur katuk juga mengandung sifat anti diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah. Selain bisa menurunkan gula darah secara langsung, sayuran ini juga berperan mengurangi obesitas yang menjadi salah satu pemicu diabetes menurun.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam sayur ini juga baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan tersebut juga bisa menjaga bakteri baik dalam usus yang berperan sebagai prebiotik. Serat dalam katuk juga bisa membantu penyerapan air, mempercepat pergerakan feses melalui usus, dan mencegah sembelit.

8. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daun katuk selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Sayur ini mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement