7 Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan

Siti Nur Aeni
14 Januari 2022, 09:42
7 Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan
pixabay.com
Buah pir mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Banyak manfaat buah pir yang akan didapatkan setelah kita mengonsumsinya. Pir merupakan buah dengan bentuk menyerupai lonceng dengan rasa manis cenderung masam. Buah ini mengandung  banyak air dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kandungan air yang banyak membuat buah ini cocok dikonsumsi saat musim panas. Biasanya pir dikonsumsi secara langsung, walaupun bisa juga diolah menjadi beberapa makanan dan minuman.

Kandungan Buah Pir

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, pir juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk rubuh. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah pir.

Selain itu, buah pir juga diketahui mengandung antioksidan serta senyawa tumbuhan lainnya yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membuat buah pir memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Buah pir diketahui mengantung serat cukup tinggi sehingga berguna untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang, Anda bisa memenuhi 22% kebutuhan serat harian.

Buah pir mengandung jenis serat yang disebut pektin. Sebuah penelitian di Tiongkok, menyebutkan bahwa konsumsi pektin sebanyak 24 gram per hari selama satu bulan bisa meringankan sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri di usus.

2. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat buah pir berikutnya yaitu berpotensi untuk menurunkan risiko diabetes. Hal ini dikarenakan buah pir mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayur berisiko lebih rendah mengalami diabetes.

Tak hanya itu, pir juga mengandung indeks glikemik rendah. Sehingga buah ini tidak akan meningkatkan gula darah dalam waktu cepat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah pir juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk tulang. Kandungan vitamin K, kalsium, magnesium, dan fosfor yang ada dalam buah pir dipercaya bisa menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan.

Selain itu, pir juga mengadung boron yang berperan untuk menambah kepadatan mineral tulang, menjaga vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang. Berbagai fungsi ini merupakan kunci dari tulang kuat dan padat.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah pir lainnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab buah ini mengandung serat dan air yang bisa membantu berat badan tetap stabil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...