Kejar Buron Harun Masiku, KPK Minta Interpol Terbitkan Red Notice

Ameidyo Daud Nasution
2 Juni 2021, 19:03
kpk, harun masiku, interpol, red notice
dok.infocaleg
Mantan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan. KPK pada Rabu (2/6) mengirimkan surat kepada NCB Interpol Indonesia untuk menerbitkan red notice kepada Harun.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirimkan Interpol agar menerbitkan red notice kepada mantan calon legislator PDI Perjuangan Harun Masiku. Hal ini dilakukan demi menemukan Harun yang telah buron sejak Januari 2020 ini.

Harun diduga menyuap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan untuk membantunya menggantikan caleg Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) PDIP asal daerah pemilihan Sumatera Selatan I, Nazarudin Kiemas, yang meninggal dunia. 

“Ini sebagai salah satu langkah nyata KPK untuk mencari dan menemukan DPO atas nama HM (Harun Masiku),” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (2/6) dikutip dari Antara.

Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya mengatakan Harun menjadi satu dari beberapa buronan yang belum tertangkap. Beberapa nama lain yang belum juga terciduk adalah Izil Azhar, Kirana Kotama, dan Surya Darmadi.

Sedangkan KPK telah menangkap Nurhadi, Rezky Herbiyono, Hiendra Soenjoto, dan Samin Tan. Adapun nama Sjamsul Nursalim dan istrinya yakni Itjih sebelumnya masuk DPO sebelum adanya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

“Terkait setiap orang sebagai tersangka yang ditetapkan KPK, berarti sudah cukup bukti,” kata Firli.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...