SKK Migas Minta Chevron Mengebor 100 Sumur di Blok Rokan

Image title
20 Maret 2020, 16:49
chevron, pertamina, skk migas, blok rokan
Chevron
Ilustrasi, penjualan minyak perdana Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina. Chevron akhirnya berencana investasi di Blok Rokan pada tahun ini. SKK Migas pun menargetkan Chevron mengebor 100 sumur hingga alih kelola ke Pertamina pada Agustus 2021.

Setelah bertemu dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Chevron Pacific Indonesia akhirnya sepakat berinvestasi di Blok Rokan pada tahun ini. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Migas atau SKK Migas pun menargetkan perusahaan migas asal Amerika Serikat itu minimal mengebor 100 sumur.

Wakil Kepala SKK Migas Fataryani Abdurrahman mengatakan Chevron bisa memulai pengeboran paling cepat November 2020 hingga proses alih kelola pada 2021. "Paling tidak pas handover sudah dibor kalau bisa minimal kurang lebih 100 sumur infill (sisipan)," kata kata Fatar ke Katadata.co.id pada Jumat (20/3).

Rencananya akan ada lima hingga 10 rig yang beroperasi untuk melaksanakan pengeboran tersebut. Dana investasi akan disediakan oleh Chevron. Nantinya dana tersebut akan dikembalikan oleh pemerintah sesuai skema kontrak cost recovery.

Biarpun begitu, Fatar belum bisa menyebut jumlah investasi perusahaan tersebut. Pasalnya, SKK Migas dan Chevron masih menghitung dan memasukkan rencana tersebut dalam revisi rencana kerja dan anggaran (work program and budget) tahun ini.

Selanjutnya, Pertamina akan mengebor Blok Rokan mulai Agustus 2021. Sejauh ini, Fatar menyebut transisi antara Chevron dan Pertamina telah berjalan melalui pemberian data-data teknis di Blok Rokan. Dia pun yakin proses alih kelola akan berjalan dengan mulus.

(Baca: Bertemu Luhut, Chevron Akhirnya Setuju Lanjutkan Investasi Blok Rokan)

Di sisi lain, Manager Corporate Communication Chevron Pacific Indonesia Sonitha Poernomo menyatakan Chevron terus memastikan transisi Blok Rokan bisa berjalan dengan selamat, andal dan lancar pada Agustus 2021. Dia juga menyebut Chevron siap berinvestasi untuk menjaga produksi minyak blok tersebut.

"Kami berterimakasih atas arahan dan inisiatif Pemerintah Indonesia yang memberikan solusi untuk berinvestasi guna mengoptimalkan produksi minyak nasional," kata Sonitha.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...