10 Manfaat Petai, Baik untuk Asam Lambung

Image title
2 November 2021, 13:40
Manfaat Petai
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Petani memilah petai hasil panen di Desa Penawangan, Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Petai di tingkat petani setempat dijual seharga Rp250 ribu per ikat (isi 100 lonjor) dan dipasarkan ke sejumlah wilayah di Jawa Barat dan DKI Jakarta melalui pengepul di Kabupaten Semarang.

Tanaman petai dikenal dengan baunya yang khas dan cukup tajam. Petai kerap dimakan sebagai lalapan atau dimasak menjadi berbagai hidangan dan dimakan bersama nasi.

Petai tak hanya populer di Indonesia, namun juga di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Di negara-negara tersebut, petai juga digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diyakini bisa mengatasi sejumlah penyakit.

Petai dapat dijadikan sebagai sumber energi, memiliki protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A, dan zat besi. Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan berperan penting dalam proses hidroksilasi asam amino prolin dan lisin. Hidroksi prolin dan lisin dapat membantu proses penyembuhan luka, serta menjaga daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres.

Tanaman petai mengandung alkaloid, saponin, terpenoid, fenolik, flavonoid, dan tanin. Senyawa yang terkandung pada biji maupun kulit buah petai antara lain lektin, sisteina, stigmast-4-en-on, polisulfida siklik (heksationana, tetratiana, tritiolana, pentatiepana, pentatiokana, dan tetratiepana, formaldehida, tiol, dan asam tiazolidina-4-karboksilat

Kandungan Petai

Mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia, ada berbagai gizi dan nutrisi yang dapat ditemukan dalam kandungan petai (Parkia speciosa) di antaranya:

Manfaat Petai bagi Kesehatan

Walaupun kecil serta mempunyai aroma yang cukup tajam, ada berbagai khasiat petai untuk kesehatan dan juga pengobatan tertentu. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat petai.

1. Mengobati gangguan pencernaan dan lambung

Manfaat petai mentah dapat membantu pengobatan gangguan pencernaan seperti maag. Petai dapat digunakan sebagai asupan untuk membantu merawat pencernaan, sebab teksturnya yang lembut dan halus.

Bahkan, petai diyakini berfungsi membantu menetralkan asam lambung serta rasa perih pada perut. Ini juga dapat mengurangi iritasi karena zat yang terkandung pada petai melapisi lambung. Senyawa antasida pada petai juga bermanfaat untuk mengurangi rasa panas di dada saat Anda makan berlebihan atau kekenyangan.

HARGA PETAI ANJLOK
HARGA PETAI ANJLOK (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

2. Mencegah hipertensi

Petai memiliki kandungan garam yang relatif rendah, sehingga aman bagi penderita hipertensi maupun orang yang masih sehat. Sifat antihipertensi ini juga didukung oleh banyaknya kandungan kalium di dalam biji petai. 

Kandungan kalium dalam petai juga bermanfaat untuk membantu menstabilkan detak jantung, melancarkan pengiriman oksigen ke jantung, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...