9 Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami

Dwi Latifatul Fajri
9 November 2021, 22:25
Cara Meredakan Nyeri Haid
Freepik

Perempuan usia remaja sampai dewasa yang mengalami masa menstruasi atau haid, kerap mengalami nyeri atau dysmenorrhea. Nyeri ini disebabkan pengaruh hormon pada alat reproduksi yang membuat rasa sakit di bagian bawah perut. Setiap wanita bisa mengalami nyeri haid ringan sampai gejala parah.

Selama menstruasi, rahim akan berkontraksi sehingga membantu pengeluaran lapisan. Ada zat kimia prostaglandin yang membuat rasa sakit dan memicu kontraksi otot rahim. Jumlah prostaglandin yang tinggi bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

Penyebab Nyeri Haid

Nyeri haid bisa mengganggu aktivitas di sekolah, pekerjaan, dan sosial. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit radang yang dapat melukai saluran tuba falopi. Mengutip dari Mayoclinic.org, risiko nyeri haid disebabkan beberapa faktor seperti:

  1. Usia perempuan kurang dari 30 tahun
  2. Perempuan yang pubertas lebih awal, misal masa pubertas pertama kali di usia 11 tahun atau lebih muda
  3. Mengalami pendarahan hebat ketika menstruasi
  4. Ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit nyeri haid (dysmenorrhea)
  5. Merokok

Beberapa wanita mengalami gejala mual, sakit kepala, dan pusing sebelum nyeri haid. Ada juga tanda-tanda seperti kram di bagian perut bawah, di mana nyeri dimulai 1 sampai 3 hari sebelum menstruasi. Ada juga nyeri haid ketika hari pertama dan berkurang dalam 2 hingga 3 hari.

Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama

Mengutip jurnal Nyeri Haid, Penyebab, Dan Penanggulangannya yang ditulis Kusmiyati, ada dua cara meredakan nyeri haid secara farmakologis dan non farmakologis.

Beberapa orang merasakan nyeri haid di hari pertama menstruasi. Adapun cara meredakan nyeri haid atau menghilangkan farmakologis bisa menggunakan obat-obatan analgesik.

Mengutip dari Alodokter.com, parasetamol menjadi obat pereda nyeri yang bisa dikonsumsi jika mengalami kram perut parah. Namun, Anda harus memerhatikan dosis obat yang sesuai, atau berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Sedangkan untuk haid non farmakologis memakai proses fisiologi yang lebih aman, contohnya mengompres perut memakai air hangat atau dingin, mendengarkan musik, dan tidur. Kedua cara tersebut bisa meningkatkan relaksasi otot-otot dan mengurangi nyeri yang diakibatkan kekuatan otot.

Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami

Ada beberapa cara mencegah atau meredakan kram perut secara alami. Cara ini efektif untuk meredakan nyeri haid di hari pertama. Berikut cara meredakan nyeri haid secara alami:

1. Kompres perut yang sakit memakai air hangat

Gunakan alat kompres untuk mengendurkan otot-otot rahim. Otot ini bisa menyebabkan kram menstruasi. Panas dalam kompresan bisa meningkatkan sirkulasi perut dan mengurangi rasa sakit.

Mengutip Healthline.com, penelitian tahun 2004 menemukan kompres lebih efektif meredakan nyeri haid. Penelitian ini juga menemukan kompresi air panas bisa mengubah suasana hati dan mengurangi kelelahan.

Kompres memakai air panas bisa meningkatkan aliran darah, menurunkan ketegangan otot, dan mengurangi rasa nyeri. Anda bisa membuat kompres dari bantalan pemanas listrik, botol air panas, atau alat kompres. Alat tersebut juga efektif untuk meredakan kram perut di rumah.

2. Pijat perut dengan minyak esensial

Anda bisa mengurangi rasa sakit haid dengan memijat bagian perut memakai minyak esensial. Penelitian menemukan pijatan memakai campuran minyak esensial bisa mengurangi kram perut. Jenis minyak esensial yang digunakan seperti minyak lavender, mawar, kayu manis, cengkeh dan lainnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...